Rabu 16 Aug 2017 07:00 WIB

Global Qurban Jangkau Pelosok Nusantara dan Puluhan Negara

Rep: Wachidah Handasah/ Red: Muhammad Hafil
Aktivitas Global Qurban ACT di Mogadishu, Somalia
Foto: Dok ACT
Aktivitas Global Qurban ACT di Mogadishu, Somalia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –  Presiden Global Qurban, Rini Maryani mengatakan, selain sebagai ibadah, kurban juga merupakan bentuk kepedulian. "Kurban dalam Islam merupakan salah satu bentuk dan wujud kesempurnaan Islam sebagai rahmatan lil alamin. Kurban membawa rahmat universal untuk semua manusia, tanpa tersekat batas geografis atau perbedaan ras dan suku bangsa,” kata Rini dalam keterangan tertulis kepada Republika.co.id.

Dihitung mundur dari 2011, Global Qurban sudah menapaki tahun keenam dalam mendistribusikan kebahagiaan berkurban ke berbagai penjuru. Menjangkau ratusan kabupaten dan menyapa puluhan negeri. Tak melihat jarak, etnis, suku apalagi warna kulit, Global Qurban menjadi jembatan silaturahim sekaligus kepedulian sesama.

Bukan hanya tentang fisik hewan kurban yang menjelajah melintasi tiap-tiap batas negeri, tapi juga distribusi kebahagiaan hingga ke wilayah pelosok kabupaten, menyambangi daerah konflik, menyapa area kemiskinan di belahan negeri lain. Rini menjelaskan, sejak 2011, distribusi Global Qurban sudah menjelajahi tiga benua yang berbeda, mulai dari Asia, Afrika hingga Eropa. Sementara di dalam negeri, Global Qurban telah terdistribusikan hingga ke ratusan kabupaten/kota di 34 provinsi.

"Mempertemukan uluran tangan Muslim dalam bentuk ibadah kurban bagi mereka yang membutuhkan kepedulian," tutur Rini.

Tahun lalu, lanjut dia, Global Qurban mendistribusikan kurban hingga ke-31 negara, termasuk ke daerah yang sedang dirundung konflik dan bencana kemanusiaan yakni Suriah, Palestina, Yaman, Myanmar, dan Somalia. Rinciannya, di kawasan Timur Tengah meliputi Lebanon, Palestina, Suriah, Turki, Irak, dan Yaman. Di Asia, kurban terdistribusi ke Afghanistan, Bangladesh, India, Kamboja, Kashmir, Kazakhstan, Kirgistan, Laos, Mongolia, Myanmar, Nepal, Pakistan, Tajikistan, Thailand, Timor Leste, Turkmenistan, Vietnam, dan Cina.

Global Qurban juga telah menjangkau Afrika yang meliputi sejumlah negara yakni Kamerun, Kenya, Madagaskar, Somalia, Uganda, dan Guinea Conakry. Bahkan, distribusi Global Qurban juga menyentuh Jerman, tempat jutaan pengungsi dari Asia dan Afrika ditampung untuk sementara.

Tahun ini, menurut Rini, jangkauan distribusi Global Qurban bakal terus melebar hingga ke negeri-negeri lain yang sebelumnya tak pernah tersapa. “Insya Allah manfaat kurban dari Indonesia tahun 2017 ini bakal sampai ke 40 negara. Tambahan bahagia kurban dari Indonesia itu akan sampai juga ke negeri Chad, Guinea Conakry, Kenya, Sudan Selatan, Nigeria, Mali, Mauritania, Sri Lanka, dan Jordania,” ucap Rini. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement