Kamis 20 Jul 2017 16:26 WIB

Lima Jam Kuno Peninggalan Peradaban Muslim Abad Pertengahan

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ilham Tirta
jam Al-Muradi
Foto:

Ketiga, Jam al Jazari Castle dari abad 12. Mesin jam pertama yang ditemukan ini pernah disebutkan dalam sebuah risalah mekanik Al Jami bayn al 'Ilm wa I 'amal al nafi fi sina 'at al hiyal (Sebuah kompendium tentang teori dan praktik seni mekanik). Ia merupakan sebuah jam air monumental yang dikenal denga castle clock.

Jam air kastil adalah salah satu jam termegah yang disebutkan dalam buku Al Jazari. Rincian konstruksi dan operasinya dijelaskan dalam 10 bagian dari bab pertama kategori I dari risalah tersebut.

Jam kastil ini merupakan rangkaian mekanis yang berputar sepanjang hari. Sangat menyenangkan saat melihat dan mndengarkan putarannya.

Ketika melihat jam ini, kita dapat melihat cakram matahari di cakrawala timur akan meningkat, bulan tidak akan terlihat sama sekali tetapi akan muncul enam tanda zodiak. Titik pertama rasi bintang yang ditetapkan pada rangkaian jam ini adalah Libra. Untuk melihat setiap jam matahari terbit dan tenggelam adalah dengan melihat bulan sabit yang terus berjalan dari kiri ke kanan di atas meja.

Keempat, Jam Umayah dari Abad 13. Awalanya, jam ini dibangun di masjid Umayyah, Damaskus pada 800 tahun lalu. Jam ini dibangun kembali oleh Ridhwan al Sa'ati.

Jam dengan kerja mekanis ini menampilkan waktus secara numerik dan memasukkan dua bandul elang. Bandul elang ini secara otomatis akan melemparkan bandul bola tembaga ke dalam vas untuk menandai satu jam telah berlalu.

Pada malam hari, lampu akan menyala untuk menunjukkan waktu. Sinarnya muncul melalui cakram yang berputar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement