Rabu 07 Jun 2017 22:34 WIB

ICMI Sebut Indonesia Paling Aman dan Nyaman untuk Beribadah

Rep: DADANG KURNIA/ Red: Maman Sudiaman
Nasaruddin Umar.
Foto: Antara/Wahyu Putro A
Nasaruddin Umar.

JAKARTA -- Ketua Majelis Dialog Peradaban dan Antar-Keyakinan Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Nasaruddin Umar menganggap, Indonesia sebagai negara paling aman dan nyaman untuk melaksanakan kegiatan ibadah umat Islam, terutama di bulan Ramadhan. Itu jika dibandingkan negara berpenduduk beragama Islam mayoritas lainnya.

"Di negara lain mana ada perempuan yang berani pergi sholat terawih. Di sini ada yang datang jauh-jauh, bahkan tanpa muhrimnya,” kata Nasaruddin dalam siaran pers yang diterima Republika, Rabu (7/6).

Karenanya, lanjut Nasaruddin, Indonesia harus mempertahankan nilai keindonesiaanya hingga kapanpun. Sebab, menurutnya, Islam akan selalu di cap agama teroris dan kekerasan oleh masyarakat internasional bila tidak ada Indonesia.

"Kalau Anda sudah memiliki negara yang bagus dan ideal, jangan di acak-acak lagi," ucap Nasaruddin.

 

Menurutnya Indonesia yang besar penduduk muslimnya ternyata dapat pararel dengan moderenisasi. Termasuk soal perekonomiannya yang tumbuh fantastis di antara negara-negara Islam lainnya.

"Jadi kita tidak harus menyerupai diri menjadi orang Arab agar the best muslim. Tetaplah menjadi orang Jawa, Bugis, Sumatera dan seterusnya. Tetapi pada waktu yang bersamaan bisa menjadi the best muslim," tambah Nasaruddin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement