Senin 29 May 2017 12:44 WIB
Mengenal Sahabat Nabi

Abdullah Berikrar Syahadat di Hadapan Rasulullah

Rep: Hasanul Rizqa/ Red: Agung Sasongko
madinah
Foto:

Dengan bergegas, Husen berlari ke arah Rasulullah SAW yang sedang dikerumuni lautan manusia, yang menyambut kedatangannya. Saat itu, Rasulullah sedang bersabda kepada penduduk Yastrib, Wahai sekalian manusia, sebar luaskan salam. Berilah makan kepada orang-orang yang kelaparan. Dirikanlah shalat (sunah) di tengah malam ketika banyak orang sedang terlelap tidur. Semoga engkau masuk surga dengan bahagia.

Dari kejauhan, Husen memperhatikan bagaimana rupa sosok yang amat dirindukannya itu. Perlahan, Husen berjalan mendekatinya. Kemudian, Rasulullah menoleh kepadanya dan bertanya, Siapa namamu?

Husen bin Salam, jawabnya.

Lebih baik bila Abdullah bin Salam, sebut Rasulullah. Bagi Husen, nama baru ini merupakan pemberian yang menggembirakan. Sejak saat itu, dia dipanggil sebagai Abdullah.

Saya setuju. Demi Allah yang mengutus engkau dengan kebenaran. Mulai hari ini, saya tidak memakai nama lain kecuali Abdullah bin Salam, ujarnya. Setelah menyatakan diri masuk Islam di hadapan Rasulullah, Abdullah kembali ke rumahnya. Di sana Abdullah bin Salam memberi tahu agama barunya itu. Ternyata, seluruh keluarganya menerima, termasuk sang bibi. Sejak saat itu, Abdullah bin Salam sekeluarga telah menjadi Muslim. Namun, Abdullah meminta kepada mereka merahasiakan keislamannya di hadapan kaum Yahudi Madinah sementara waktu.ed: nashih nashrullah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement