Senin 15 May 2017 08:03 WIB

Seniman Mesir Coba Buat Alquran Tulisan Tangan Terbesar di Dunia

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Winda Destiana Putri
Alquran
Foto: Republika/Yasin Habibi
Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Seorang seniman Mesir telah berhasil menuliskan Alquran tulisan tangan sepanjang 700 meter. Alquran berhasil diselesaikan setelah usaha panjang selama 3,5 tahun.

Dilansir dari Al Bawaba, Senin (15/5), hasil karya murni tulisan tangan itu diharapkan mampu menjadi wisata kitab suci umat Islam. Selain itu, Alquran raksasa itu diharapkan bisa memenangkan Guinness World Record.

Saad Mohammed, seniman yang mempelajari cara melukis secara otodidak setelah putus sekolah. Ia mencoba membuat Alquran lewat gulungan kertas yang dihias rapi, dan disimpan dalam sebuah kotak kayu besar di rumahnya di Belqina, Kairo.

Saat diwawancarai Reuters Television, ia menuturkan alasan luar biasa ketika ditanya alasannya ingin hasil karyanya masuk Guinness World Record. Menurut Saad, jika karyanya tercatat maka akan ada firman Tuhan yang diberi penghargaan.

"Maka, kata-kata Tuhan akan masuk ke Guinness World Record yang akan menjadi sesuatu yang hebat, dan tentu saja itu akan menjadi kehormatan besar," kata Saad.

Ia mengatakan, proyek itu didanai secara pribadi, sehingga diharapkan biaya penerapan Guinness itu dapat ditambah oleh pemerintah Mesir atau siapapun yang bersedia. Tapi, sebelum itu memang sudah ada rekor untuk Alquran cetak terbesar.  Sampai saat ini, Guinness World Record menegaskan memang tidak ada catatan dunia untuk Alquran tulisan tangan terbesar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement