Rabu 03 May 2017 15:00 WIB

Jejak Kerajaan Islam di Tanah Jawa

Rep: Hasanul Rizqa/ Red: Agung Sasongko
Pulau Jawa
Foto:

Untuk melawannya, Joko Tingkir didukung bupati Jepara yang juga putri Sultan Trenggono, Ratu Kalinyamat. Setelah pertempuran, Joko Tingkir berhasil mengalahkan Arya Penangsang dan pengikutnya. Joko Tingkit otomatis menjadi pewaris takhta Kesultanan Demak. Kemudian, dia menggeser pusat kekuasaannya ke Pajang. Secara resmi, Joko Tingkir menjadi penguasa Kesultanan Pajang dengan gelar Sultan Adiwijaya setelah dilantik Sunan Prapen.

Meskipun pengaruh Majapahit mulai memudar, pemusatan kekuasaan Muslim di Tanah Jawa belum terjadi. Pada 1582, Joko Tingkir meninggal dunia. Sepeninggalannya, Pangeran Benawa (putra Joko Tingkir) dan Arya Pangiri, yakni menantu Joko Tingkir, terlibat perebutan kekuasaan. Arya Pangiri keluar sebagai pemenang sehingga naik takhta dengan dukungan Panembahan Kudus.

Namun, pada 1586 Pangeran Benawa yang berkoalisi dengan Sutawijaya (Panembahan Senopati) menyerang balik Pajang. Hasilnya, Arya Pangiri kalah dan dipaksa kembali ke Demak, yakni tanah kelahirannya. Pangeran Benawa menjadi raja Pajang sampai 1587. Sepeninggalan Pangeran Benawa, tidak ada penerusnya sehingga Pajang mengalami kekosongan takhta. Dalam situasi demikian, Mataram menguasai Pajang.

Pada awal abad ke-17, Dinasti Mataram mulai mapan. Puncak kejayaannya terjadi dalam masa kekuasaan Sultan Agung (wafat 1645). Dia berusaha menyelaraskan tradisi Keraton Mataram dengan nilai-nilai Islami. Kecenderungan sinkretis demikian bukanlah hal yang jarang ditemui dalam falsafah Jawa.

Dengan demikian, kedatangan Islam tidak mesti menghapus sama sekali budaya asli setempat. Misalnya, Sultan Agung memberlakuan sistem kalender Jawa yang memadukan kalender Hijriyah dengan kalender Saka. Untuk menekankan aspek kejawaan, lanjut Ricklefs, Sultan Agung masih menuruti beberapa warisan kebudayaan Jawa pra-Islam. Di antaranya, kepercayaan terhadap mitos Nyi Roro Kidul.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement