Sabtu 08 Apr 2017 13:13 WIB

Kegiatan '30 Menit Lancar Baca Alquran', Upaya Peningkatan Literasi Alquran

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Didi Purwadi
Republika menggelar kegiatan '30 Menit Lancar Baca Alquran' di Kantor Harian Republika, Jakarta, Sabtu (8/4).
Foto: Republika/Qommarria Rostanti
Republika menggelar kegiatan '30 Menit Lancar Baca Alquran' di Kantor Harian Republika, Jakarta, Sabtu (8/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Republika Media Mandiri (Republika) kembali menggelar kegiatan '30 Menit Lancar Baca Alquran', Sabtu (8/4), bersama Ustaz Achmad Farid Hasan. Ini merupakan angkatan ke-64 sejak dilaksanakan sejak 2010.

Wakil Pemimpin Redaksi Republika, Nur Hasan Murtiaji, menyebut acara ini merupakan bagian tanggung jawab Republika sebagai media umat. Bagi setiap orang, kewajiban menuntut ilmu dimulai sejak ia lahir sampai ke liang lahat. Prinsip ini yang mendorong Republika mengadakan kegiatan belajar membaca Alquran meskipun para peserta sudah berusia dewasa hingga lanjut usia.

Di sisi lain, acara ini menjadi upaya pemberdayaan dalam hal meningkatkan literasi Alquran. "Kebetulan ada ustaz yang bersedia menyedekahkan ilmunya, akhirnya kami gandeng untuk mengajari mengaji," kata Hasan.

Hasan mengatakan ada yang berbeda dengan penyelenggaraan kali ini yaitu jumlah peserta yang lebih banyak. Animo masyarakat terhadap kegiatan ini cukup besar.

"Biasanya peserta maksimal 24 orang, tapi sekarang 30 orang. Sebenarnya saat pendaftaran sudah disetop, tapi yang daftar masih terus nambah," ujarnya di Kantor Republika, Jakarta, Sabtu (8/4). Kepesertaan kegiatan ini memang dibatasi agar peserta fokus.

Dia berterima kasih kepada peserta yang hadir dan berharap kegiatan tersebut dihitung sebagai niat kebaikan oleh Allah SWT. "Insya Allah menjadi tabungan di akhirat," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement