Jumat 17 Mar 2017 04:20 WIB

Ustaz Arifin Ilham: Sunah Setiap Mukmin Memelihara Kuda

Ustaz Arifin Ilham sedang menunggang kuda peliharaanya.
Foto: Dokumentasi Ustaz Arifin Ilham
Ustaz Arifin Ilham sedang menunggang kuda peliharaanya.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Rasulullah SAW seperti dalam riwayat Bukhari dan Muslim menganjurkan orang tua untuk mengajarkan anak-anaknya berenang, menunggang kuda, dan memanah. Ustaz Arifin Ilham dalam pesan singkatnya kepada Republika.co.id mengatakan, sunah setiap mukmin memelihara kuda.

"Allah berfirman, 'Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi dan dari (pemeliharaan) kuda-kuda yang ditambat untuk berperang (yang dengan persiapan itu) kamu menggentarkan musuh Allah." (QS al-Anfal 60).

"Demi kuda perang yang berlari kencang dengan terengah-engah, dan kuda yang mencetuskan api dengan pukulan (kuku-kukunya), dan kuda yang menyerang dengan tiba-tiba di waktu pagi, maka ia menerbangkan debu, dan menyerbu ke tengah-tengah kumpulan musuh, sesungguhnya manusia itu sangat ingkar tidak berterima kasih kepada Tuhannya." (Qs al-'Aadiyaat 1-6).

Rasulullah bersabda, “Barang siapa yg mengikat (memelihara) seekor kuda di jalan Allah, kemudian ia memberinya makan dengan tangannya, maka baginya dari setiap biji satu kebaikan.” (HR Ibnu Majah).

Dari Amirul Mukminin, Umar al-Faruq ibn al-Khattab, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang dan memanah.” (HR Bukhari Muslim).

"Alhamdulillah," kata Ustaz Arifin, "Ustaz kampung juga punya kuda kampung... Allahu Akbar."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement