Kamis 02 Feb 2017 16:21 WIB

Evolusi Mashrabiya di Abad Kejayaan

Rep: c11/ Red: Agung Sasongko
Mashrabiya di sebuah bangunan.
Foto: Totemcity.com
Mashrabiya di sebuah bangunan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Di Mesir, terutama Kairo, mashrabiya mulai digunakan pada abad ke-14 M dan mengalami evolusi. Di tangan para pengrajin, kayu yang diimpor dari Lebanon dan Asia Minor diolah menjadi layar yang cantik penuh pahatan. Layar tersebut mengelilingi balkon untuk mendinginkan orang, layaknya pot air.

Terobosan selanjutnya, mereka mencocokkannya dengan tempat tidur dan bantal sesuai panjang dan lebar mashrabiya. Tempat itu menjadi nyaman sehingga penduduk bisa tidurtiduran dengan suasana privat sambil melihat suasana jalan atau lapangan yang ramai di bawah rumahnya. Mereka tidak terdengar dan terlihat dari dunia luar. Karena mahal, fitur ini hanya ditemukan di tempat tertentu, seperti istana dan rumah-rumah saudagar, sebagai simbol kesuksesan.

Selama lebih dari seabad, keahlian tersebut terus diasah. Hasilnya, mereka mengetahui bahwa pada musim panas dengan intensitas matahari yang tinggi, kayu sebaik apa pun akan menyusut, melengkung, dan pecah akibat terpapar cahaya matahari dan udara panas. Mereka juga mengetahui bahwa kayukayu kecil yang disambungkan tanpa lem atau paku bisa memperluas atau memper sem pit ruang, menyesuaikan keinginan pemilik.

Proses ini hasilnya tidak mengecewakan atau menyusahkan perakitan mashrabiya. Pada masa Mesir Koptik, begitulah kayu digunakan. Dan, teknik ini cocok untuk mashrabiya. Layar yang dipahat bisa dibagi menjadi lebih kecil. Setiap kayu yang terkadang disusun dalam ukuran besar ternyata bisa saling menguatkan tanpa penggunaan paku.

Dengan teknik yang makin sempurna, sekitar 200 kayu bisa membentuk mashrabiya yang indah dengan luas hampir sehalaman. Setiap potongan dibentuk dan dihaluskan dengan tangan, kemudian disusun seperti kumpulan benang dan titik yang saling bersilangan dengan banyak pola.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement