Sabtu 28 Jan 2017 22:25 WIB

Pahami Cara Berdakwah di Perbatasan

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Agung Sasongko
Rutinitas di Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur.
Foto: Antara
Rutinitas di Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nur Wahid yang terjun ke medan dakwah di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia. Tepatnya di Nunukan, Kalimantan Utara. Nur Wahid berasal dari Balikpapan, Kalimantan Timur. Namun, sudah sekitar 15 tahun dia hijrah ke Nunukan, tepatnya di Kecamatan Tulin Onsoi, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

Dia menjelaskan, Kabupaten Tulin Onsoi terdiri dari sepuluh desa. Kabupaten ini merupakan pemekaran dari Kecamatan Sebuku, yang tadinya memiliki 22 desa. Dari 22 desa ini, ada empat yang mayoritas penduduknya adalah Muslim. Jika di daerah-daerah ramai, memang rata-rata penduduknya Muslim dan merupakan transmigran ataupun mantan tenaga kerja Indonesia (TKI).

Namun, ada beberapa desa yang lokasinya berada cukup jauh dan rata-rata dihuni oleh penduduk asli setempat. ''Kami cukup sering mengisi pengajian di sana. Kalau ada masjid di sana, kami memberikan dukungan dan support kepada teman-teman di sana,'' ujar Nur saat dihubungi Republika.

Nur Wahid pun mengakui, sebenarnya tidak ada kendala berarti dalam kerja dakwah di Nunukan. Namun, harus diakui, memang ada beberapa hal yang harus dipahami agar lebih mudah beradaptasi. Sebagai ujung tombak kaum Muslimin, kata sang ustaz, dia memang harus hati-hati dalam memberikan pernyataan atau ceramah yang dianggap sensitif.

Dalam aktivitas dakwahnya, sang ustaz memang bertugas untuk mengembangkan ranting Pondok Pesantren Hidayatullah, yang berada di Nunukan. Selain itu, dia  mengajar di Taman Pendidikan Alquran (TPA). Pun jika adanya undangan untuk mengisi pengajian dan khutbah Shalat Jumat. ''Jumatnya kami rutin dari satu masjid ke masjid lain, kami isi untuk Shalat Jumat,'' kata dia.

Nur Wahid mengakui, penerimaan penduduk setempat terhadap agama Islam pun cukup baik. Bahkan, ada tokoh masyarakat yang telah memeluk Islam, menginginkan pembangunan masjid di sekitar kampungnya. ''Terkadang mereka berkumpul, patungan, membuat masjid, karena di kampungnya sudah ada puluhan warga Muslim, sambil berkoordinasi dengan Camat. Alhamdulillah Islam di sini sudah cukup berkembang,'' ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement