Senin 10 Apr 2023 06:30 WIB

JMM: Umat Islam di Indonesia Harus Mengedepankan Sikap Ramah dan Toleran

Indonesia terkenal dengan Islamnya yang ramah dan toleran

Rep: Muhyiddin / Red: Nashih Nashrullah
Jaringan Muslim Madani. Jaringan Muslim Madani (JMM) bersama Institut Agama Islam Depok (IAID) Al Karimiyah menggelar dialog keagamaan Ramadan 1444 H bertemakan 'Membumikan Islam Ramah, Menangkal Ideologi Radikal di Bumi Pancasila', di Aula IAID, Sawangan, Depok, Ahad (9/4/2023).
Foto: Dok Istimewa
Jaringan Muslim Madani. Jaringan Muslim Madani (JMM) bersama Institut Agama Islam Depok (IAID) Al Karimiyah menggelar dialog keagamaan Ramadan 1444 H bertemakan 'Membumikan Islam Ramah, Menangkal Ideologi Radikal di Bumi Pancasila', di Aula IAID, Sawangan, Depok, Ahad (9/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK— Jaringan Muslim Madani (JMM) bersama Institut Agama Islam Depok (IAID) Al Karimiyah menggelar dialog keagamaan Ramadan 1444 H bertemakan 'Membumikan Islam Ramah, Menangkal Ideologi Radikal di Bumi Pancasila', di Aula IAID, Sawangan, Depok, Ahad (9/4/2023). 

Dialog dan diskusi menghadirkan sejumlah pembicara, yakni Rektor IAID Al Karimiyah, Dr Ahmad Patih, M PD, Direktur Jaringan Muslim Madani, Syukron Jamal, aktifis NU, Founder Iqra.id, Achmad Ubaidillah dan Aktivis Lintas Budaya Indonesia, Mansyur Al Farisyi. 

Baca Juga

Rektor IAID Al Karimiyah, Dr Ahmad Patih, M PD memberikan catatan kecil terkait Islam Ramah. Dia menukilkan ucapan Syekh Abdul Qodir Jaelani ketika ditanya mengenai keislaman oleh muridnya. 

"Maka dijawab oleh Syekh jangan mengaku muslim kalau belum bisa berserah diri dalam ketentuan Allah SWT. Berserah di sini dalam arti bukan tidak usaha, tapi dia menerima apa yang hari ini diterima," ujarnya.  

 

Kedua, tutur Ahmad Patih indikator Muslim yang baik itu adalah ketika tetangga atau sahabat di sekitar merasa aman. Baik dari ucapan atau tindakannya. "Ketiga, sayangi minoritas jangan saling mencaci," katanya.  

Direktur Eksekutif Jaringan Muslim Madani (JMM), Syukron Jamal, dalam paparannya menyebutkan bahwa Islam pasti ramah. Kalau tidak ramah ya tidak pantas disebut Islam. 

"Artinya, ya kalau tidak ramah namanya bukan Islam. Ya kalau ada radikal ya itu bukan Islam. Sebab, Islam itu rahmat dan kebaikan," kata Syukron.  

Rahmat kebaikan itu, kata dia, tidak hanya kepada sesama pemeluk Islam tapi bagi semesta alam. 

"Itu tercermin dari amalan Islam sendiri yang universal meliputi keadilan, kemanusiaan, kemaslahatan dan ketertiban umum, toleransi, anti kekerasan dan penerimaan terhadap tradisi," ujarnya.  

Namun, sambung dia, faktanya saat ini ada sebagian bahkan banyak yang mengatasnamakan Islam dengan ideologi yang bertentangan prinsip islam itu sendiri seperti tidak menerima perbedaan dan intolerans terhadap kelompok lain.  

"Dalam konteks kita sebagai bangsa dan negara Indonesia yang majemuk, heterogen suku ras bahasa, budaya dan lainnya cara beragama seperti demikian ini menjadi ancaman serius bagi kerukunan dan persatuan," tuturnya. 

"Mereka ini saklek, yang menurut mereka tidak sesuai tidak dicontohkan Nabi disebut bidah, merasa paling benar, bahkan berani cap orang kafir. Nah inilah tantangan kita hari ini sebagai masyarakat Islam Indonesia yang tidak boleh kita abaikan," ujarnya.  

Syukron menegaskan bahwa dalam konteks keindonesiaan, Islam ramah itu adalah Islam yang sudah ada sejak para ulama, walisongo, dan saudara dari berbagai negara mendakwahkan Islam di bumi Nusantara. 

Bahkan, model dakwah walisongo sangat paripurna karena meniru dakwah Nabi Muhammad SAW dengan metode perdamaian, berbasis kebudayaan, dan menyesuaikan kebutuhan masyarakat Nusantara kala itu. 

"Ini bukan untuk mengkotakkan, melainkan konteksnya umat Islam di Indonesia harus mengendapkan sikap yang ramah, moderat dan toleran, karena itu yang jadi tuntutan Nabi Muhammad SAW," ulasnya.  

Pegiat Masyarakat Pesantren yang juga Founder Iqra.id, Achmad Ubaidillah, mengatakan bahwa tantangan terbesar saat bagi dunia santri, masyarakat pasantren, harus menjadikan dunia digital sebagai medan perjuangan untuk terus mendakwahkan Islam moderat.  

“Ada kelompok-kelompok tertentu yang sudah menjadikan internet, media sosial sebagai ajang kontestasi ideologi. Kelompok moderat seperti santri ini harus masuk ke panggung-panggung media sosial agar tidak direbut oleh orang-orang yang sesungguhnya dalam perspektif pengetahuan Islamnya belum pas," ungkapnya. 

Sementara itu, aktivis Lintas Budaya Indonesia, Mansyur Al Farisyi memberikan gambaran bahwa dulu antara Muhamadiyah dan Nahdlatul Ulama, misalnya, perbedaan terjadi hanya mengenai amaliah saja. 

Baca juga: 6 Fakta Seputar Saddam Hussein yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Anti Israel  

Tetapi sejak 1998, masuk paham dari sedikit orang yang suka melabeli bidah kepada yang tidak sepaham. "Mereka masuk sejak keran demokrasi di Indonesia dibuka pada 1998, di masa transisi itu," ujarnya.  

Mansyur menganggap jumlah mereka yang sedikit itu, memaksa untuk menjadi sama. "Jika tidak memaksa silakan, tapi ini teriak menyalahkan banyak orang. Hal ini yang menjadi masalah." 

Dia melanjutkan, di NU Islam adalah nilai yang lalu dibawa masuk ke Nusantara yang menjadi budaya atau ruangnya. "Budaya itu menguatkan kebiasaan. Nah, NU itu menjaga budaya kearifan lokal, menjaga keseimbangan, budaya dan agama," ungkapnya.   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement