Jumat 20 Jan 2017 21:46 WIB

Ponpes Madinatul Quran Kupas Tafsir Surah Yasin

Santri Ponpes Madinatul Quran Depok tengah mengkaji kitab.
Foto: Dok Madinatul Quran
Santri Ponpes Madinatul Quran Depok tengah mengkaji kitab.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK --  Dalam kitab Tafsir Yasin karya Syekh Hamami Zadah, mengutip hadis Nabi Muhammad SAW disebutkan, “Perbanyaklah membaca surat Yasin karena di dalamnya penuh dengan keistimewaan.”

Salah satunya, menurut  Syekh Hamami adalah, "Barang siapa membaca Yasin pada pagi hari, maka Allah akan memberi rasa aman hingga sore hari."

Terkait hal tersebut, Ponpes Madinatul Quran Depok akan mengupas Kitab Tafsir Yasin. Kegiatan tersebut akan diadakan di Ponpes Madinatul Quran, Kampung Parungbingung, Kelurahan Rangkapan Jaya Baru, Kecamatan Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat, Sabtu (21/1) pagi, tepatnya pukul 06.00-07.00. Kupas tafsir surah Yasin tersebut akan diisi oleh Pengasuh Ponpes Madinatul Quran Ustaz Dr Syamsul Yakin MA.

Ustaz Syamsul Yakin mengatakan, surah Yasin merupakan salah satu surat di dalam Alquran yang mengandung banyak sekali pelajaran. Ia menjelaskan, dalam surah Yasin Allah memerintahkan kepada Nabi SAW untuk menyampaikan kepada penduduk Makkah agar mereka mengambil tamsil dari  ashabul qaryah yang dalam sejarah dikenal dengan Inthakiyah, satu daerah dekat Suriah di pesisir Laut Tengah.

 

Mereka  hidup sezaman dengan Nabi Isa AS. Saat itu, Nabi Isa AS  perlu mengutus tiga orang untuk  memberi peringatan kepada kaum Inthakiyah.  Dalam riwayat disebutkan, karena mereka membangkang terhadap perintah Allah, akhirnya mereka dihancurkan Allah dengan satu teriakan malaikat saja.

“Untuk lebih lengkapnya mari ikuti pengajian Kitab Tafsir Yasin karya Syekh Hamami Zadah di Ponpes Madinatul Quran Parungbingung, Sabtu pagi. Lokasinya sekitar 500 meter dari Masjid Kubah Mas Depok. Tepatnya, di dekat Masjid al-Ikhlas Parungbingung,” kata Ustaz Syamsul Yakin kepada Republika.co.id, Jumat (20/1).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement