Rabu 18 Jan 2017 17:00 WIB

Ciri Khas Produk Gerabah Alhambra

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Agung Sasongko
Vas Alhambra
Foto: pinterest.com
Vas Alhambra

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Keramik, terutama vas Alhambra, berukuran besar dan rapuh sehingga sulit dipindahkan ke tempat jauh melalui jalan darat. Masih samar apakah vas dan gerabah emas dibuat di sekitar pelabuhan dengan material yang dikirim ke sana.

Jika mengacu pada produk gerabah Yunani, mereka mengirimnya dari wilayah pesisir ke Italia dan Cina. Tapi, belum diketahui pasti apakah Spanyol juga punya pola serupa.

Hal lainnya adalah ukuran vas Alhambra yang besar dengan tinggi lebih dari empat kaki. Dengan ukuran itu, metode produksi jadi pertanyaan lain. Proses dekorasi dan pewarnaan pastilah tak akan sebentar. Pun proses pembentukan hingga vas jadi.

Sebab, akan butuh tungku pembakaran yang jauh lebih besar untuk proses pembakaran vas. Kecuali bila vas diselesaikan bagian demi bagian. Mempertimbangkan ini, harusnya hanya sedikit vas Alhambra yang diproduksi.

Dengan bentuknya yang tinggi dan dilengkapi 'sayap' pada sisi vas, muncul keheranan untuk apa struktur ini ada? Sebab, jika 'sayap' ini jadi pegangan untuk membantu menuangkan sesuatu dari vas, strukturnya tidak juga memudahkan penggunanya. Apalagi, vas Alhambra juga tak bisa berdiri sendiri dan harus menggunakan penyangga.

Namun, ada dugaan vas dan gerabah emas Alhambra digunakan untuk tempat penyimpanan barang termasuk minyak zaitun atau pengawetan buah anggur.

Pun pascapenaklukan oleh Pasukan Salib. Tak diketahui pasti apakah setelah penaklukan itu industri gerabah Andalusia diambil alih penganut Kristen atau para seniman gerabah pindah ke tempat lain meneruskan kerja seni mereka.

Terlepas dari selubung teka-teki itu, industri keramik di Andalusia sangat penting, tak hanya untuk menghiasi istana milik raja-raja Dinasti Nasriyah, tapi juga perdagangan. Selain di Granada, sentra industri keramik dan gerabah emas juga muncul di Malaga.

(Baca: Gerabah, Komoditas Unggulan Granada)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement