Senin 16 Jan 2017 15:00 WIB

Luxor, Kota Istana Peninggalan Firaun

Rep: Syahruddin el-Fikri/ Red: Agung Sasongko
Salah satu kuil di Luxor, Mesir (Ilustrasi)
Foto: flickr
Piramida Mesir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sementara itu, di Luxor Timur yang merupakan pusat kehidupan dan aktivitas peradaban, terdapat beberapa peninggalan bersejarah lainnya. Di antaranya, Luxor Temple.

Kuil ini terletak di jantung Kota Luxor dan khusus dipersembahkan untuk Dewa Amon Ra (Dewa Matahari). Kuil ini dibangun pada  masa Kerajaan Baru Pharaoh Amenophis III dan kemudian diperluas oleh raja-raja Mesir termasuk Raja Ramses II. Di salah satu sudut kuil Luxor terdapat bangunan masjid yang diberi nama Abu Al Haggag yang dibangun pada masa pemerintahan Arab di abad ke-13.

Di gerbang utama kuil ini terdapat satu obelisk yang terbuat dari batu merah muda setinggi 25 meter. Pada abad ke-19, Obelisk ini terdapat sepasang, namun salah satunya kini berada di Prancis.

Tempat lainnya adalah Karnak Temple. Kuil ini menunjukkan keagungan dari Theban God Amon, simbol Dewa Kesuburan dan Pertumbuhan. Karnak terdiri atas bermacam-macam kuil, chapel, dan bangunan-bangunan lain. Nama Karnak diambil dari nama sebuah desa, yaitu El-Karnak.

Bagian terbesar dan terpenting dari tempat ini adalah pusat kuil terbesar dari Dewa Amon. Lay out dan kuil besarnya terdiri atas  serangkaian phylons (tonggak menara), yaitu phylons IV dan V yang dibangun oleh Tuhtmosis I dan sejak saat itu, kuil Karnak diperbesar ke arah  Barat dan Selatan.

Kemudian, ada pula Luxor Museum. Museum ini terletak di antara Kuil Luxor dan Karnak dan merupakan tempat peninggalan pusaka Firaun yang ada di Luxor dan daerah-daerah sekitarnya, serta petunjuk atau informasi seputar monumen-monumen yang akan dikunjungi berikutnya.

Karena keberadaan tempat dan peninggalan bersejarah itulah, maka tak heran bila Luxor menjadi objek wisata paling menarik di Mesir, termasuk saat berkuasanya dinasti Yunani dan Romawi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement