Senin 16 Jan 2017 15:00 WIB

Luxor, Kota Istana Peninggalan Firaun

Rep: Syahruddin el-Fikri/ Red: Agung Sasongko
Salah satu kuil di Luxor, Mesir (Ilustrasi)
Foto: tripadvisor.com
Kuil Luxor, salah satu tujuan wisata di Mesir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Museum ini diklaim sebagai satu-satunya museum di dunia dan merupakan tempat menyimpan 150 jenis peninggalan mumi, peti mayat (coffins), peralatan yang biasa digunakan tabib (dokter) pada masa Mesir Kuno, serta lukisan-lukisan yang menceritakan tentang upacara ritual keagamaan pada masa itu.

Kemudian, ada The Clossi Memnon. Di tempat ini terdapat dua patung Raja Amenophis (Amenhotep atau Minepthah) III yang masing-masing berukuran tinggi 23 meter dengan berat 1.000 ton dan terletak di pintu masuk menuju kuil tersebut. Kuil ini berada di wilayah yang sangat luas. Kuil ini juga diklaim lebih besar dari kuil Amon Ra di Kuil Karnak.

Selanjutnya terdapat Med net Habu Temple. Tempat ini dibangun oleh Raja Ramses II dalam bentuk kota yang dibentengi dan di dalamnya terdapat  kuil, tempat, dan beberapa chapels. Semua kejadian dilukiskan di atas dinding, memperingati kemenangannya terhadap Libya, Sarinian, the Cretan, dan lainnya serta relief unik mengenai peperangan di laut.

Tempat lainnya adalah Queen Hatshepsut's Temple. Hastshepsut merupakan satu-satunya wanita yang memerintah Mesir sebagai Pharaoh (Firaun). Nama kuilnya adalah Djeser-Djeseru the splendor of the splendor. Hatshepsut, wanita yang berbusana pria karena khawatir rakyatnya tidak menerima dirinya sebagai wanita.

Hatshepsut memerintah Mesir selama 20 tahun. Konon, di masa Hatshepsut inilah Mesir mengalami puncak kemakmuran dan kestabilan negara. Di kuil ini kita dapat melihat gambaran Hatshepsut yang tercermin pada patung-patung yang berada di sekitar kuil ini.

Selanjutnya ada Valley of the Kings and the Queens. Lembah ini merupakan kompleks pemakaman para raja, ratu, keluarga kerajaan, dan para bangsawan. Namun demikian, di makam ini hanya berupa kuburan kosong karena semua mumi para raja, ratu, keluarga kerajaan, dan bangsawan sudah dipindahkan ke Museum Mummi atau Museum Besar di Cairo. Di antara raja dan ratu yang dimakamkan di lembah ini adalah Tut Ankh Amon's, Seti I, Ramses III, Ramses II, dan Queen Nefertari, istri Raja Ramses II.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement