Senin 16 Jan 2017 14:30 WIB

Fungsi Ponpes Lahirkan Ulama

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Agung Sasongko
Santri
Foto: Republika/Yasin Habibi
Santri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Ketua Umum Persatuan Islam (Persis), KH Aceng Zakaria mengatakan,  keberadaan  Ma'had Aly, masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Terlebih jika menilik fungsi Pondok Pesantren sebagai tempat kaderisasi ulama, yang nantinya diharapkan dapat memberikan pencerahan dan panduan kepada umat tentang pesan-pesan dari Alquran dan Sunah.

Kiai Aceng menambahkan, salah satu tantangan yang hadir terhadap Pondok Pesantren dalam mencetak dan melahirkan ulama adalah perubahan orientasi dari masyarakat, terutama orang tua yang memasukkan anaknya ke Pondok Pesantren.

Saat ini, kata KH Aceng, sudah banyak orang tua yang tidak mengarahkan anaknya untuk menjadi ulama. Dengan memasukkan ke Pondok Pesantren, mereka hanya ingin memberikan bekal agama kepada anaknya saja, tanpa keinginan untuk mengarahkan anaknya menjadi ulama.

Tidak hanya itu, di sisi lain, orientasi pesantren juga terkadang berubah. Mereka tidak hanya mengajarkan nilai-nilai agama, tetapi juga berorientasi agar para santrinya bisa melanjutkan pendidikan ke pendidikan formal. ''Jadi, jangan sampai mengubah orientasi pesantren itu sendiri,'' ujarnya saat dihubungi Republika.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement