Sabtu 14 Jan 2017 00:36 WIB

Komunitas Muslim York Salurkan Bantuan untuk Tunawisma

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Andi Nur Aminah
komunitas muslim inggris membagikan makanan gratis saat natal
Foto: The Independent
komunitas muslim inggris membagikan makanan gratis saat natal

REPUBLIKA.CO.ID, YORK -- Memasuki musim dingin, yang biasa terjadi tiap akhir tahun hingga awal tahun, Masjid dan Islamic Centre Bull Lane, York, Inggris, menyalurkan bantuan untuk para tunawisma. Bantuan tersebut berupa 20 paket berisi alat-alat untuk bertahan di musim dingin. Paket tersebut berisi sleeping bags, topi, scarves, dan sarung tangan.

Pada saat musim dingin, cuaca di Kota York, yang berada di Inggris Utara, memang bisa berubah menjadi sangat ekstrim. Bahkan, suhu di Kota York sempat mencapai -16,7 derajat Celcius. Kondisi ini tentu menjadi kondisi yang buruk untuk para tunawisma.

Berdasarkan data dari Joseph Rowntree Foundation, pada 2015 setidaknya ada 275 kasus tunawisma di seluruh Inggris. Kondisi inilah yang membuat pengurus Masjid dan Islamic Centre Bulls Lane York mengumpulkan donasi dari para jamaah dan warga sekitar. Mereka berniat membantu para tunawisma di sekitar Kota York.

Setelah melakukan penggalangan dana salama satu pekan, akhirnya terkumpul dana sebesar 600 poundsterling. Dana ini pun digunakan untuk memberi paket peralatan bertahan di musim dingin.

Dalam program ini, Masjid dan Islamic Centre Bulls Lane bekerjasama dengan UKIM (UK Islamic Mission), sebuah lembaga kemanusiaan dan penyalur bantuan. Pemberian bantuan ini pun bekerjasama dengan salah satu unit kerja UKIM, iCare.

"Kami sangat mendukung dan menyambut baik program bantuan ini. 20 paket alat untuk bertahan di musim dingin telah disalurkan di seluruh bagian York. Selain itu, masih banyak lagi di seluruh penjuru Inggris," ujar Kepala Masjid dan Islamic Centre York, Mehboob Surve, seperti dikutip York Press.

Rencananya, program ini akan terus berjalan pada 2017 mendatang. Secara keseluruhan, program ini telah digulirkan di seluruh Inggris. UKIM menargetkan dapat mengumpulkan donasi hingga mencapai 10 ribu poundsterling.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement