Jumat 13 Jan 2017 21:00 WIB

Penghimpunan Dana MAI Meningkat

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Agung Sasongko
Mandiri Amal Insani
Foto: ROL/Wisnu Aji PRasetiyo
Mandiri Amal Insani

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mandiri Amal Insani (MAI) Foundation mencatatkan pencapaian pertumbuhan penghimpunan dana zakat, infak, sedekah, serta wakaf (ZISWAF)  sebesar Rp 50,7 miliar dan telah menyalurkannya kepada penerima manfaat sebanyak 63 ribu jiwa hingga penghujung 2016. Dana tersebut disalurkan untuk program bina ilmu, bina kesehatan, bina sarana fisik, bina sosial, dan bina ekonomi.

"Penghimpunan dana terbesar adalah dari zakat yaitu sebesar 50 persen," ujar Ketua Dewan Pengurus MAI Foundation Tedi Nurhikmat dalam Public Expose di Jakarta, Jumat (13/1).

Tedi mengatakan, hingga penghujung 2016 MAI telah mendayagunakan dana umat sebesar Rp 49,8 miliar yang didistribusikan ke delapan asnaf yang berhak menerima bantuan. Dalam hal ini, penyaluran dibagi menjadi dua yakni penyaluran rutin sebesar 14 persen dan non rutin sebesar 86 persen.

Alokasi program non rutinter besar yakni pada bina sosial, bina kesehatan, dan bina ekonomi. Sementara, program rutin terbesar disalurkan untuk program ilmu dan bina sosial.

Jumlah penerima manfaat pada 2016 tertinggi di wilayah Jabodetabek sebesar 16,5 ribu orang dari total keseluruhan 27,4 ribu orang penerima manfaat. Secara keseluruhan, penerima manfaat pada 2016 mengalami kenaikan ketimbang 2015 sebesar 5.500 orang.  

"Ke depan kami akan menyalurkan secara merata di seluruh wilayah Indonesia, termasuk disalurkan ke Tenaga Kerja Indonesia yang ada di luar negeri," kata Tedi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement