Ahad 01 Jan 2017 14:45 WIB

Dompet Dhuafa Siap Bangun Lima Rumah Sakit

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Indira Rezkisari
Dompet Dhuafa
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Dompet Dhuafa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga Amil Zakat Nasional Dompet Dhuafa siap membangun lima rumah sakit pada 2017. Rencana tersebut merupakan bagian pengembangan layanan kesehatan bagi masyarakat setelah Dompet Dhuafa membangun RS Rumah Sehat Terpadu (RST) Dompet Dhuafa di Kabupaten Bogor pada 2012.

''Pengembangan layanan rumah sakit ini dilakukan dengan mengembangkan wilayah layanan ke berbagai provinsi di Indonesia. Sehingga tahun 2017 diharapkan setidaknya ada lima rumah sakit yang akan dikelola oleh Dompet Dhuafa,'' ungkap Direktur Wakaf Dompet Dhuafa Filantropi, Ahmad Shonhaji, dalam keterangan resminya, Sabtu (31/12).

Pembangunan lima rumah sakit tersebut akan dibiayai dari dana wakaf yang dihimpun Dompet Dhuafa. Rencananya rumah sakit akan dibangun di Lampung, Banten, dan Jakarta.

''Bahkan bulan Januari 2017 nanti akan diresmikan layanan kesehatan yang dikelola oleh Dompet Dhuafa yang bersumber dari dana wakaf, yaitu Rumah Sakit Aka Medika Sribhawono di Lampung,'' kata Shonhaji.

Sebagaimana RST Dompet Dhuafa di Parung, Kabupaten Bogor, konsep kelima rumah sakit tersebut adalah dengan konsep terintegrasi subsidi silang. Kaum dhuafa tetap mendapatkan layanan kesehatan gratis yang prima. Namun, bagi masyarakat biasa bisa membayar dengan biaya yang relatif terjangkau atau melalui akses BPJS yang telah dimiliki.

Dalam kesempatan terpisah di Zona Madinah belum lama ini, Shonhaji mengatakan RS Aka Medika Sribhawono sudah beroperasi sejak awal Desember 2016. Kedua RS yang sudah beroperasi di bawah kelolaan Dompet Dhuafa saat ini jadi upaya Dompet Dhuafa bahwa zakat, infak, sedekah, dan wakaf masyarakat yang dikelola profesional akan memberi dampak bagi banyak orang.

Program wakaf merupakan salah satu pilar penting di Dompet Dhuafa. Dompet Dhuafa tidak hanya menerima tapi juga mengelola amanah wakif bagi mauquf alaih (penerima wakaf). ''Kami tidak ingin hanya terima dan mencatat aset wakaf, tapi juga berusaha memaksimalkan potensi aset agar bermanfaat bagi umat,'' kata Shonhaji.

Per 15 Des 2016, tercatat sudah 684.218 penerima manfaat aneka program Dompet Dhuafa. Sementara penerima manfaat RS Rumah Sehat Dompet Dhuafa mencapai 268.136 orang untuk periode 2012-2016.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement