Jumat 23 Dec 2016 16:15 WIB

Ormas Islam Serukan Perang Melawan Narkoba

Rep: wahyu suryana/ Red: Damanhuri Zuhri
Ketum PBNU KH Said Aqil Siradj
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Ketum PBNU KH Said Aqil Siradj

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga Persahabatan Ormas Islam (LPOI) secara resmi mendeklarasikan perang melawan narkoba. Langkah ini dilakukan demi menyelamatkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Deklarasi dibacakan Ketua Umum LPOI KH Said Aqil Siroj didampingi Sekretaris Umum Lutfi A Tamimi, serta perwakilan ormas Islam yang menjadi anggota LPOI, yakni Nahdlatul Ulama, Persatuan Islam (Persis), Al Irsyad Al Islamiyah, Mathalul Anwar, Al Washliyah, Syarikat Islam, Persatuan Tarbiyah Islamiyah, Ikatan Dai Indonesia, Al Ittihadiyah, Az Zikra, Persatuan Ummat Islam, Persatuan Islam Tionghoa, dan Himpunan Bina Mualaf Indonesia.

"Kami ormas-ormas Islam yang tergabung dalam Lembaga Persahabatan Ormas Islam mendeklarasikan jihad terhadap narkoba, demi kedaulatan bangsa dan NKRI," ujar Kiai Said dalam Deklarasi Perang Melawan Narkoba, di Jakarta, Kamis (22/12).

Deklarasi tersebut turut dihadiri tokoh-tokoh nasional, seperti Ketua Badan Kehormatan DPD AM Fatwa dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. Hadir pula Kabareskrim Polri Komjen Ari Dono Sukmanto dan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol Budi Waseso.

Saat menyampaikan paparan dalam deklarasi tersebut, Kiai Said mengungkapkan keprihatinan dan kekhawatirannya terkait besarnya peredaran dan gelombang narkoba di Indonesia. "Prihatin, ngeri, merinding, khawatir, seperti apa anak-anak dan cucu-cucu kita kelak," ujar ketua umum PBNU ini.

Karena itu, ia mengaku tidak sependapat dengan Komnas HAM yang kerap mempertanyakan hukuman mati kepada bandar dan pengedar narkoba. Menurut Kiai Said, bandar dan pengedar narkoba merupakan pelaku kejahatan HAM berat dan sangat perlu dijatuhi hukuman seberat-beratnya.

"Jangan biarkan (bandar dan pengedar narkoba) bebas berkeliarkan, tangkap, hukum, kalau perlu buang mereka ke laut," ujar Kiai Said mengingatkan.

Kiai Said mengingatkan, Allah SWT telah berfirman bahwa kehancuran di muka bumi akan terjadi akibat kesalahan tangan manusia itu sendiri. Karena itu, LPOI merasa berkewajiban untuk ikut serta mengatasi kejahatan narkoba bekerja sama dengan Polri dan BNN.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement