Senin 19 Dec 2016 23:30 WIB

Perjuangan Panjang Muslim Skotlandia Memiliki Masjid

Rep: Hasanul Rizqa/ Red: Agung Sasongko
Masjid Raya Glasgow
Foto: tripadvisor.com
Masjid Raya Glasgow

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengutip situs resmi masjid tersebut, Centralmosque.co.uk,  umat Islam Skotlandia memiliki perjalanan panjang sebelum bisa memiliki rumah ibadah tersebut.

Masjid pertama yang dibangun di Glasgow berlokasi di Jalan Oxford. Meskipun bentuknya tidak jauh berbeda daripada rumah biasa, masjid yang terwujud pada 1944 itu merupakan magnet bagi komunitas Muslim setempat.

(Baca: Nuansa Mughal di Skotlandia)

Namun, jumlah penduduk Muslim di ibu kota Skotlandia kian lama semakin banyak. Sehingga, kapasitas masjid tidak lagi bisa menampung para jamaah, khususnya setiap penyelenggaraan shalat Jumat.

Oleh karena itu, para pemuka Muslim setempat kemudian memindahkan lokasi masjid ke sebuah bangunan di Jalan Carlton Place. Kondisi ini bertahan hingga dasawarsa 1980-an.

Setelah itu, muncul inisiatif mewujudkan kompleks Islamic Center, khususnya bagi penduduk Glasgow dan penduduk Skotlandia pada umumnya. Atas budi baik pensiunan pengusaha Muslim setempat, Muhammed Tufail Shaheen, rencana itu mulai dimatangkan.

(Baca Juga: Ciri Khas Masjid Raya Glasgow)

Pihaknya bekerja sama dengan sejumlah pemimpin komunitas Muslim Glasglow. Menurut situs The Glasgow Story, arsitek yang ditunjuk untuk membangun Islamic Center ini adalah Coleman Ballantyne Partnership.

Pada 1983 kompleks Islamic Center Glasgow selesai dibangun. Luasnya sekitar 1,6 hektare. Pembangunannya membutuhkan dana lebih dari 3 juta poundsterling. Beberapa bulan kemudian, Masjid Raya Kota Glasgow yang terletak di dalam area ini pun berdiri sempurna.

Pada 18 Mei 1984 masjid tersebut diresmikan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Liga Muslim Dunia Abdullah Omar Nasseef. Masjid Raya Glasgow dapat menampung hingga 2.500 jamaah. Nama jalan raya di depan Islamic Center ini lantas berubah menjadi Mosque Avenue.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement