Selasa 29 Nov 2016 17:00 WIB

Theresia Monica Belajar Islam dengan Tokoh Muhammadiyah

Rep: Hasanul Rizqa/ Red: Agung Sasongko
Mualaf/Ilustrasi
Foto:

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Namun, kebahagiaan pasangan yang dikaruniai dua orang anak, laki-laki dan perempuan itu, terpaksa kandas pada 2014. Perceraian ternyata membuka kesadaran baru bagi Theresia. Dalam artian, ujian itu benar-benar berat, ujarnya.

Demi menghormati aturan persidangan, Theresia mengenakan jilbab untuk pertama kalinya. Dia mengenang lagi, saat itu caranya berpakaian menunjukkan dirinya memang belum terbiasa dengan hijab.

Setelah sidang keputusan, dengan sopan hakim ketua bertanya kepada Theresia, apakah sehari-hari Theresia mengenakan jilbab. Dia menjawab, hijab belum menjadi kebiasaan.

Lantaran itu, hakim ketua menyarankan agar setelah keluar dari ruang persidangan, Theresia konsisten dengan hijabnya.

Aku menganggap itu bukan hanya teguran, melainkan dengan status yang baru itu (janda), berarti aku harus menjaga diri. Salah satunya dengan jilbab. Sampai sekarang aku berhijab. Makanya menurutku, aku mendapatkan (kesadaran) proses berjilbabnya itu berat sekali, ujarnya.

Begitu berpisah dengan Ahmad, apakah Theresia kembali memeluk agama Nasrani? Ternyata tidak. Alih-alih demikian, Theresia justru semakin terpacu mendalami Islam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement