Kamis 17 Nov 2016 17:23 WIB

Tingkatkan Hasil Tangkapan, Baznas Bantu Nelayan di NTT

Sejumlah nelayan menyalakan mesin kapal
Foto: Antara/Idhad Zakaria
Sejumlah nelayan menyalakan mesin kapal

REPUBLIKA.CO.ID, SIKKA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Memberikan bantuan kapal dan alat tangkap ikan kepada para nelayan di Kampung Buton, Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka. Bantuan ini diberikan kepada hampir 1.000 nelayan dan petani kurang mampu yang selama ini mengandalkan alat penangkap ikan sederhana seperti sampan, alat pancing, dan jaring untuk menangkap ikan.

Penyerahan bantuan ini sekaligus menandai kick off Program Zakat Community Development (ZCD) di wilayah Indonesia Timur khususnya di Provinsi NTT. Selain nelayan, program yang didanai dengan dana zakat dari masyarakat ini juga menyasar petani tradisional.

Bantuan ini diserahkan langsung oleh anggota Baznas RI Nana Mintarti. Dia mengatakan, bahwa dalam program ZCD sangat diperlukan peran aktif dari masyarakat untuk menjadi mandiri di samping dukungan dana zakat dan pendampingan.

"Kami berharap ZCD akan mampu memberdayakan masyarakat NTT yang memiliki potensi untuk berkembang dan mandiri. Kami juga berharap masyarakat dapat terus menjaga semangat untuk maju," katanya. Baznas, kata Nana, menyalurkan bantuan materiil melalui dana Zakat yang diamanahkan masyarakat dan tentu juga dukungan moril.

Nana mengatakan, bahwa program ZCD di NTT ini, juga dalam rangka mendukung program pemerintah untuk memajukan sektor kelautan nasional yang salah satunya ialah meningkatkan kesejahteraan nelayan.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sikka Petrus Fahik bersama para Kasi/Penyelenggara dan Kepala KUA turut menghadiri acara penyerahan bantuan kapal dan alat tangkap ikan itu. Selain itu, turut hadir Wakil Bupati Sikka, Ketua Baznas Provinsi NTT, Ketua MUI Kabupaten Sikka dan Wakil Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Sikka.

sumber : kemenag.go.id
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement