Kamis 10 Nov 2016 15:55 WIB

Baznas Targetkan 30 Persen Pasar Saham Syariah Bersedekah

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Agus Yulianto
Pasar saham/Ilustrasi
Foto: corbis.com
Pasar saham/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) akan terima infaq 20 persen keuntungan transaksi syariah PT Henan Putihrai. Dana itu akan fokus ditujukan kepada program pengentasan kemiskinan.

Direktur Amil Zakat Nasional Baznas, Arifin Purwakananta, mengatakan, bursa syariah memang telah menjadi fundamental perekonomian syariah. Karenanya, dia berharap, para pelaku pedagang saham syariah ikut memberi infaq, memaksimalkan pengentasan kemiskinan di Indonesia. "Kita berharap tahun ini (2017) 30 persen pedagang saham syariah ikut bersedekah," kata Arifin kepada Republika, Kamis (10/11).

Dikatakan Arifin, Baznas sudah mendorong pasar syariah. Sebab, ketika pasar syariah sudah besar, para muzaki akan ikut meningkat. Arifin melihat, jika program berkembang dengan masif, maka orang-orang yang bergerak di bidang ekonomi syariah ikut meningkat.

Arifin mengungkapkan harapan agar efek sedekah pedagang saham bisa menimbulkan efek yang membola salju, sehingga meningkatkan muzaki secara signifikan. Dia meyakini, budaya sedekah pelaku saham syariah, mampu meningkatkan potensi pengumpulan zakat dan pengentasan kemiskinan.

Terkait itu, dia menekankan, kesadaran masyarakat untuk terjun ke pasar syariah sudah mulai meningkat secara signifikan. Menurut Arifin, peluang itu yang harus bisa ditangkap Baznas, sehingga bisa melengkapi jalur syariah perdagangan dengan berbagi. "Sebab, jalur perdangan sudah syariah, lengkapi lagi dengan berbagi," ujar Arifin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement