Selasa 01 Nov 2016 09:12 WIB

Jumlah Umat Islam di Italia Meroket dari 2.000 Menjadi 2 Juta Orang

Rep: Fuji EP/ Red: Nur Aini
Muslim Italia shalat berjamaah di Kota Naples.
Muslim Italia shalat berjamaah di Kota Naples.

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Jumlah umat Islam di Italia bertambah dengan pesat dalam waktu dua dekade. Pada 1970, jumlah Muslim di Italia hanya sekitar 2.000 orang. Pada akhir 2015, jumlahnya hampir mencapai 2 juta orang.

Seorang akademisi Italia mengatakan, jumlah Muslim di Italia akan terus bertambah selama imigran dari Afrika dan Timur Tengah terus berdatangan. Jumlah Muslim di Italia saat ini pun mengejutkan Direktur Pusat New Religions Studies (Cesnur), Sosiolog Massimo Introvigne.

"Jumlah ini mengejutkan juga karena pada 1970 hanya ada sekita 2.000 sampai 3.000 orang," kata Massimo, dilansir Express, Selasa (1/11).

Ia mengatakan, Muslim di Italia berkembang dengan sangat pesat. Saat ini Islam menjadi agama terbesar kedua di Italia setelah Katolik. Tapi saat ini hanya ada empat masjid yang terdaftar secara resmi.

Kurang lebih sekitar 2.000 masjid belum terdaftar. Sebagai upaya memudahkan hubungan antara umat Muslim dan pemegang otoritas di Italia, Dewan Islam Italia melakukan peningkatan integrasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement