Rabu 05 Apr 2023 17:16 WIB

Runtuhnya Dominasi Islam di Italia Pernah Diwarnai dengan Perubahan Masjid Jadi Gereja

Islam pernah berkuasa di tanah Italia dengan populasi Muslim signifikan

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Nashih Nashrullah
Masjid Agung Roma, Italia. Islam pernah berkuasa di tanah Italia dengan populasi Muslim signifikan
Foto: http://beautifulmosques.com
Masjid Agung Roma, Italia. Islam pernah berkuasa di tanah Italia dengan populasi Muslim signifikan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Populasi umat Islam mengalami peningkatan selama 15 tahun terakhir di Italia. 

Badan Statistik Nasional Italia (Instituto Nazionale di Stastica) memang tidak mengumpulkan data agama yang dianut warganya. Hal ini dikarenakan agama merupakan hal sensitif di negara yang berbatasan dengan Prancis, Swiss, Austria, dan Slovenia di sepanjang Pegunungan Alpen ini.   

Baca Juga

Pada Januari 2005, jumlah Muslim di Italia tercatat sebanyak 34 persen dari 2,4 juta warga asing yang mendiami Italia. Jumlah Muslim berkebangsaan asing yang telah mendapatkan kewarganegaraan Italia diperkirakan antara 30 ribu-50 ribu jiwa. Jumlah orang Italia asli yang menjadi mualaf kurang dari 10 ribu. Saat ini, Muslim menguasai 1,4 persen dari populasi Italia. 

Namun, data resmi pada 2006 memperkirakan, terdapat sekitar 723 ribu Muslim yang berada di Italia. UK Foreign and Commonwealth Office memperkirakan bahwa 825 ribu Muslim tinggal di negara kawasan Eropa Selatan itu. 

Sekitar 160 ribu merupakan kelahiran Italia. Tapi, pada 2007 Italia tidak lagi merilis statistik termutakhir populasi Muslim di negara republik itu.   

Dilansir dari euro-islam.info, awal 1990 dan 2000-an, populasi Muslim di Italia meningkat lebih dari 400 persen, dari 154 ribu menjadi 825 ribu.

Pada 2012, menurut Uni Komunitas Islam Italia (UCOI), tercatat 150 ribu Muslim berkewarganegaraan Italia dari satu juta penduduk Muslim. Lembaga itu menyatakan, sebanyak 70 ribu warga Italia memeluk Islam. Menurut UCOI, meningkatnya jumlah warga Italia yang memeluk Islam karena krisis ekonomi dan nilai yang dialami mereka.  

Sejarah Islam di Italia diawali pada abad kesembilan saat Sisilia ditaklukkan penguasa Islam. Kehadiran Muslim telah ada sejak 872 M saat penaklukan pertama di Mazara hingga 1300 M. Sejak saat itu hingga 1970-an, Islam bisa dibilang absen di Italia.

Pulau Pantelleria yang berada antara ujung barat Sisilia dan Afrika Utara ditaklukkan bangsa Arab pada 700 M. Sebelumnya, bangsa Arab telah menguasai wilayah Sisilia yang dikuasai Romawi pada 652 M, 667 M, dan 720 M.

Hakim dari Sisilia yang memberontak terhadap Kekaisaran Bizantium meminta bantuan Muslim. Hakim Aghlabid dari Ifriqiyah mengirim Arab, Berber, dan Andalusia untuk menaklukkan Sisilia pada 827 M, 830 M, dan 875 M. Pasukan tersebut dipimpin, antara lain, oleh Asad ibn al-Furat.

Palermo jatuh ke tangan Muslim pada 831 M, diikuti Messina pada 843 M, dan Syracuse pada 878 M. Pada 902 M, Aghlabid sendiri yang memimpin pasukan merebut Taormina. Reggio Calabria jatuh pada 918 M dan Rometta pada 964 M.

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement