Selasa 25 Oct 2016 15:39 WIB

Indonesia akan Jadi Pusat Pergerakan Generasi Muslim di Dunia

Rep: Fuji E Permana/ Red: Damanhuri Zuhri
Fesyen Muslim Indonesia
Foto: republika
Fesyen Muslim Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Populasi masyarakat muslim di dunia mencapai 1,6 miliar jiwa. Indonesia menjadi negara yang populasi masyarakat Muslimnya terbesar di dunia. Indonesia pun diperkirakan akan menjadi salah satu pusat pergerakan Generasi Muslim di dunia. Karenanya Indonesia harus bisa menangkap peluang tersebut.

Wakil Presiden Ogilvy Noor, sekaligus penulis buku Generation M: Young Muslim Changing the World, Shelina Janmohamed mengatakan, Indonesia akan menjadi salah satu pusat pergerakan Generasi Muslim. Hal ini sejalan dengan kondisi Indonesia yang secara rutin menempati posisi atas dari prediksi pertumbuhan global.

"(Pertumbuhan global) dari sisi komersial dan kreatif, tanda-tanda pengaruh Generasi M di sekitar lingkungannya dan di tingkat global secara keseluruhan sudah semakin terlihat," kata Shelina kepada Republika.co.id, Selasa (25/10).

Menurutnya, di Indonesia pertumbuhan konsumerisme Muslim telah terlihat bergerak naik sejak lima tahun yang lalu. Ada sebanyak 750 ribu usaha kecil dan menengah (UKM) di bidang mode di Indonesia. Sebanyak 30 persennya merupakan industri mode Muslim.

Di sektor pariwisata pun, ada peningkatan kunjungan wisatawan Muslim sebanyak 10 persen ke Indonesia pada 2014 sampai 2015. Dalam jangka waktu lima tahun ke depan, pemerintah Indonesia menargetkan kedatangan lima juta wisatawan Muslim.

Pemerintah Indonesia pun diharapkan dapat mengambil peluang pertumbuhan konsumerisme Muslim di Indonesia. Berdasarkan hasil riset dari Pew Research Center on Religion and Public Life, diperkirakan 40 tahun ke depan jumlah masyarakat Muslim dunia akan meningkat sebanyak 73 persen. Artinya, dar 1,6 miliar jiwa populasi di 2010 akan menjadi 2,8 miliar jiwa pada 2050.

Ketua Tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Halal, Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Riyanto Sofyan mengatakan, populasi penduduk di Indonesia 256 juta jiwa. Populasi Muslim sekitar 88 persen dari total populasi Indonesia atau sekitar 220 juta jiwa.

Ia menerangkan, Generasi Muslim Muda (Generasi M) jumlahnya ada sekitar 54 persen dari total populasi penduduk di Indonesia. Generasi Muslim Muda adalah masyarakat di bawah umur 30 tahun. "Populasi Muslim di Indonesia nomor satu di dunia, yang utama Generasi M," ujarnya.

Dijelaskan dia, meski populasi Muslim mencapai 1,6 miliar jiwa di dunia, tetapi kelas menengah ke atas saja yang pasti bisa menjadi wisatawan. Kelas menengah ke atas ini yang akan menjadi target pasar Indonesia dalam mempromosikan wisata halal di Indonesia.

Dikatakan Riyanto, kelas menengah ke atas terpuasat di beberapa daerah yang ada di dunia. Di Timur Tengah dan Afrika yang pendapatan masyarakatnya besar berpusat di Saudi Arabia, UAE, Qatar dan Kuait. Di Eropa cukup banyak Muslim kelas menengah ke atas, sebagian besar tinggal di Rusia, Jerman, Prancis dan Inggris. "Di Asia, pasar traveling yang paling besar dari Malaysia, Singapura dan India," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement