Rabu 12 Oct 2016 19:42 WIB

Qatar Charity Salurkan Dana 9 juta Dollar AS ke Indonesia

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agus Yulianto
Logo Qatar charity
Logo Qatar charity

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Qatar Charity konsen memperhatikan anak, perempuan, dan pendidikan. Tahun ini mereka berencana menyalurkan dana kemanusiaan sebesar 9 juta dollar AS ke Indonesia.

Direktur Qatar Charity Indonesia, M Karom mengatakan, pihaknya punya misi yang sangat penting di Indonesia. Misi yang dilakukan di Indonesia juga bagian dari misi yang dilakukan di seluruh dunia. Tujuannya, untuk membantu dunia pendidikan dan berkontribusi sebanyak-banyaknya kepada anak-anak yatim dan piatu serta dhuafa.

"Qatar Charity sudah 12 tahun di Indonesia telah merampung 6.500 proyek yang berbeda-beda," kata Karom kepada Republika setelah meresmikan Sekolah Ahbaabullah Center II untuk duafa di Kabupaten Bogor, Rabu (12/10).  

Kata dia, selain membantu dunia pendidikan bagi kaum dhuafa, pihaknya juga mempunyai 3.000 anak asuh yang setiap bulannya diberi santuan. Sepanjang 2015, Qatar Charity telah mengucurkan dana untuk Indonesia sebesar 7,5 juta Dollar AS. "Tahun 2016, diperkirakan akan mengucurkan dana sekitar 9 juta Dollar AS," ujarnya.

 

Dia mengatakan, proyek-proyeknya di Indonesia berjalan lancar berkat kerja sama dengan Kementrian Agama (Kemenag) Republik Indonesia. Karom berharap, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) juga dapat mengemban amanah.

Selain itu, anak-anak didik di Sekolah Ahbaabullah Center yang baru diresmikannya, diharapkan akan mendapatkan manfaat yang lebih besar lagi. "Beberapa tahun kemudian (progamnya) akan membawa hasil," ujarnya.

Sekolah Ahbaabullah Center untuk anak yatim dan piatu serta dhuafa merupakan hasil kerjasama dari tiga pihak. Seluruh kebutuhan siswa didukung oleh dana zakat yang ditunaikan oleh para muzaki (pembayaran Zakat) BAZNAS.

Sementara, bangunan sekolah hasil bantuan para muchsinin (donatur) dari Qatar Charity. Sedangkan tanah tempat bangunan sekolah berdiri merupakan Wakaf dari Yayasan Siti Hajar Sudja'i. Sekolah tersebut nantinya diharapkan menjadi sekolah unggulan khusus setingkat SMP.

Sekolah Ahbaabullah Center didirikan di Kampung Cemplang, Desa Cirangkong, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Rencananya akan dimulai pada tahun ajaran 2017/2018.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement