Senin 10 Oct 2016 15:05 WIB

Keunikan Masjid Islamic Center Rijeka Kroasia

Rep: c62/ Red: Agung Sasongko
Masjid Raya Rijeka, Kroasia.
Foto: annunaki.files.wordpress.com
Masjid Raya Rijeka, Kroasia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masjid Islamic Center Rijeka Kroasia memang unik. Bentuknya yang menyerupai gedung teater Keong Mas Taman Mini Indonesia Indah (TMII) ini merupakan besutan seniman kenamaan, Dusan Dzamonja.

Berada di negara berjuluk Negeri Bulan Sabit, masjid yang diresmikan pada 2013 itu menampilkan konsep bangunan yang tak hanya berfungsi sebagai pusat keislaman, tetapi juga mahakarya seni patung superbesar di negara yang beribu kota Zagreb ini.

Melihat tampilan luar masjid yang pembangunannya dimulai pada 2009 ini, tampak seperti sebuah kapal luar angkasa dengan bentuk kubah yang tidak sempurna.

Warna perak yang menyelimuti seluruh bagian luar ini menampilkan utuh bahwa masjid yang berdiri di atas lahan seluas 10 ribu meter persegi ini memiliki arsitektur modern dengan gaya futuristik dan artistik.

Selain kubah dengan desain eksentrik juga ada menara yang posisinya terpisah dengan bangunan utama masjid. Menara masjid yang berdiri di atas lahan seluas 10 ribu hektare ini bentuknya unik dengan desain spiral menyerupai mata bor.

Menara dengan tinggi sekitar 23 meter ini berfungsi sebagai penanda bahwa bangunan mirip kapal ruang angkasa itu adalah pusat kebudayaan Islam di Kroasia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement