Senin 10 Oct 2016 13:04 WIB

Empat Tokoh Indonesia Masuk 50 Muslim Berpengaruh Dunia, Siapa Saja?

Rep: marniati/ Red: Nasih Nasrullah
Jokowi
Foto:
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj saat memberikan kuliah umum di Universitas Negeri Semarang (Unnes) di Semarang, Jateng, Sabtu (16/4).

Nama Said Aqil Siroj berada di urutan ke-20. Beliau dipilih sebagai salah satu Muslim berpengaruh  di dunia karena jabatannya sebagai ketua umum salah satu ormas Islam terbesar di Indonesia yakni Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Selain itu, PBNU juga merupakan salah satu organisasi yang berpengaruh di dunia.

Kang Said, begitu akrab disapa, memiliki peranan besar dalam menegakan Ahlussunah wal Jama’ah di Indonesia.

NU telah memberikan kontribusi yang besar untuk masyarakat Indonesia di bidang pembangunan pendidikan, kesehatan, dan pengentasan kemiskinan.

Kang Said, seperti para pendahulunya, menggawangi NU sebagai organisasi moderat dan mengawal agenda seperti hukum antikorupsi dan langkah-langkah reformasi sosial yang berakar dalam prinsip Islam.

Sebelum perannya sebagai ketua NU, Kang Said pernah bertugas di Komisi Nasional Indonesia untuk Hak Asasi Manusia.

Saat terjadi bentrokan di berbagai gereja di seluruh Indonesia,  Kang Said membuat pernyataan yang kuat dan mengutuk diskriminasi terhadap kelompok minoritas Kristen  Indonesia.

Kang Said juga memiliki latar belakang akademis yang luas dalam ilmu-ilmu Islam, dan menganggap pendidikan sebagai alat untuk pengembangan. Ia mendirikan Said Aqil Centre di Mesir, pusat studi yang berfokus pada pengembangan wacana Islam, khususnya di Dunia Arab.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement