Senin 10 Oct 2016 13:04 WIB

Empat Tokoh Indonesia Masuk 50 Muslim Berpengaruh Dunia, Siapa Saja?

Rep: marniati/ Red: Nasih Nasrullah
Jokowi
Foto:
Din Syamsuddin

Nama Din Syamsuddin berada di urutan ke-41. Pria berusia 58 tahun ini memengaruhi dunia Muslim di berbagai bidang. Menjadi ketua umum ormas Islam Muhammadiyah pada 2005-2015.

Ia terpilih dua kali untuk memimpin salah satu organisasi Islam besar di Indonesia ini.

Din juga menjabat sebagai Ketua Majelis Ulama Indonesia, anggota dari Kelompok Strategis Visi Rusia, Ketua Forum Perdamaian Dunia dan Presiden Dialog Antar-Agama.

Selain itu ia juga Guru Besar Pemikiran Politik Islam di Universitas Nasional Islam di Jakarta dan Ketua Pusat Dialog dan Kerja Sama antar-Peradaban.

Organisasi Islam Muhammadiyah didirikan pada 1912, yang merupakan salah satu gerakan Islam tertua dan terbesar di dunia.

Din Syamsuddin terlibat di bidang pendidikan, kesehatan, dan upaya kesejahteraan sosial dari organisasi ini.

Muhammadiyah aktif dalam resolusi konflik seperti di selatan Thailand dan Mindanao.

Muhammadiyah juga menjadi anggota dari Kelompok Kontak Internasional (ICG) untuk pembicaraan damai antara pemerintah Filipina dan Front Pembebasan Islam Moro atau the Moro Islamic Liberation Front.

Din Syamsuddin juga sangat aktif dalam dialog antaragama dan antarbudaya. Dia baru saja terpilih kembali untuk masa jabatan lima tahun sebagai Presiden Konferensi Asia Agama untuk Perdamaian (ACRP).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement