Selasa 04 Oct 2016 00:18 WIB

Pengelolaan Zakat yang Benar Lahirkan Kekuatan Ekonomi

Zakat
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Zakat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyalurkan zakat sebesar Rp2,3 miliar kepada para mustahik atau mereka yang berhak mendapatkannya sesuai ajaran Islam.

"Dana sebesar Rp2,4 miliar tersebut adalah zakat dan sedekah yang terkumpul hingga September 2016," kata Kepala Baznas Bangka Tengah, Juanda di Koba, Senin (3/10).

Ia menjelaskan, tercatat sebanyak 4.991 mustahik yang mendapatkan pembagian zakat dan mereka tersebar di seluruh desa di Bangka Tengah. "Dari jumlah mustahik yang telah dibantu tersebut, bantuan paling banyak salurkan untuk bidang sosial peduli dengan jumlah sebanyak 4.649 mustahik," ujarnya.

Ia menjelaskan, target penghimpunan zakat di Bangka Tengah sebesar Rp3,5 miliar dan hingga September tercapai Rp2,4 miliar atau sebesar 68 persen. "Kami optimistis target hingga akhir tahun akan tercapai karena kesadaran para wajib zakat cukup tinggi," ujarnya.

Pihaknya menilai sistem pengelolaan zakat yang baik dan benar akan melahirkan kekuatan ekonomi yang kuat karena mengedepankan konsep kebersamaan. "Kami terus menggencarkan sosialisasi kepada masyarakat terkait kewajiban membayar zakat dan sasaran kami baik para aparatur sipil negara dan swasta," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement