Senin 19 Sep 2016 14:26 WIB

Keutamaan Shalat Subuh Berjamaah

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Agung Sasongko
Shalat subuh berjamaah.
Foto: Republika/Agung Supri
Shalat subuh berjamaah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum IKADI, Ahmad Satori Ismail menilai, banyak sekali manfaat yang didapat dari Shalat Subuh berjamaah. Selain anjuran Rasulullah, shalat berjamaah merupakan pembeda dengan orang munafik, karena orang munafik merasa berat untuk Shalat Subuh berjamaah.

"Setiap langkah menuju masjid untuk Shalat berjamaah akan diangkat derajatnya dan dihapuskan dosa-dosanya," ungkapnya kepada Republika.co.id, Senin (19/9).

Selain itu, orang yang berjamaah subuh di masjid lalu duduk berzikir sampai terbit matahari dan matahari naik sampai satu tombak kemudian Shalat Dhuha dua rakaat, maka akan mendapat pahala berhaji secara sempurna.

Ia pun memuji Gerakan Shalat Subuh Berjamaah di Kabupaten Sukabumi. Menurutnya, shalat berjamaah bagi laki-laki Muslim merupakan sunah muakkad, sunah yang sangat dianjurkan.

"Bahkan menurut sebagian ulama mujtahid, shalat berjamaah adalah wajib bagi laki-laki yang mendengar azan," jelas dia. Sunah muakkad ini berlaku untuk shalat jamaah Subuh atau shalat fardhu lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement