Senin 12 Sep 2016 19:11 WIB

Pesantren di Deli Serdang Sembelih Nyaris Seribu Hewan Kurban

Rep: Issha Harruma/ Red: Esthi Maharani
Panitia menyiapkan sapi kurban / Ilustrasi
Foto: Musiron/Republika
Panitia menyiapkan sapi kurban / Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, DELI SERDANG -- Pesantren Al Mundziri menyembelih nyaris seribu ekor hewan korban pada Idul Adha 1437 H hari ini, Senin (12/9). Sebanyak 750 kambing dan sepuluh ekor sapi telah dan akan disembelih di pesantren yang terletak di Sunggal Kanan, Sunggal, Deli Serdang, Sumut.

Ketua Panitia Kurban Pesantren Al Mundziri, Haryono mengatakan, 760 hewan ini merupakan kurban dari warga sekitar dan umat muslim Singapura.

"Penyembelihan akan dilakukan dua tahap, hari ini dan dilanjutkan besok pagi," kata Haryono.

Menurut Haryono, ada 120 tukang potong yang diturunkan dalam Idul Adha kali ini. Seluruhnya merupakan jemaah masjid pesantren Al Mundziri.

Selain itu, Haryono mengatakan, ada juga warga sekitar pesantren yang membantu proses pemotongan hewan kurban. Dengan bantuan warga ini, pemotong hewan jadi berjumlah 200 orang.

"Mereka datang secara sukarela jadi tidak dibayar sedikit pun. Tapi mereka dapat hewan kurban nanti," ujar dia.

Sekitar empat ribu kupon pun, kata Haryono, telah dibagikan kepada warga penerima kurban. "Daging kurban ini akan diserahkan untuk warga Medan dan Deli Serdang," kata dia.

Proses pemotongan hewan kurban dimulai usai solat Idul Adha pagi ini. Para pemotong hewan membawa parang dan pisaunya masing-masing. Pemotongan hewan kurban dilakukan di halaman pesantren yang telah dipasang sekat-sekat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement