Senin 12 Sep 2016 10:54 WIB

Aher Sembelih Hewan Kurban Titipan Jokowi

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Nur Aini
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. (Republika/Edi Yusuf)
Foto: Republika/Edi Yusuf
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. (Republika/Edi Yusuf)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyembelih hewan kurban di Masjid Raya Bandung, Kota Bandung, Senin (12/9). Heryawan menyembelih dua sapi usai menunaikan dan menjadi khatib shalat Idul Adha.

Aher, sapaan akrabnya, menyembelih sapi yang dikurbankannya serta sapi jenis simental yang merupakan hewan kurban yang dititipkan Presiden Joko Widodo ke Masjid Raya Bandung.

"Saya tadi di Masjid Raya Bandung sembelih dua sapi. Kurban dari keluarga kami dan dari bapak Presiden saya yang sembelih," kata Aher di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (12/9).

Aher mengatakan sejak 2008 memang rutin menyembelih sendiri hewan kurbannya. Ia mengaku memotong hewan kurban dengan tangannya sendiri jauh lebih terasa makna berkurban.

"Tentu merasa lebih kokoh, lebih afdhol begitu. Menyembelihkan juga punya orang lain. Menantang keberanian juga yang pasti diperlukan," ujarnya.

Ia menilai Hari Raya Idul Adha memiliki makna mendalam. Di mana orang yang mampu harus rela menyisihkan sebagian hartanya untuk berkurban.

Diharapkan dengan demikian, ujarnya, umat Muslim dapat menghilangkan sifat-sifat buruk dan mendapat keutamaan dari berkurban.

 

"Pesan tahun ini semoga menghilangkan sifat-sifat buruk dan sombong dengan berkurban ini. Hewan kurban ini kan didahulukan bagi yang tidak mampu. Yang mampu jangan terlalu mengharapkan," ujarnya.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini mengurbankan dua sapi. Keduanya disembelih dengan tangannya sendiri di Masjid Raya Bandung dan di Gedung Pakuan.

Baca juga: Makna Idul Adha Bagi Jokowi: 'Jangan Maunya Kaya Sendiri'

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement