Senin 12 Sep 2016 07:47 WIB

Ini Harapan Din Syamsuddin Bagi Umat di Momen Idul Adha

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Dwi Murdaningsih
Din Syamsuddin
Foto: ROL/Fian Firatmaja
Din Syamsuddin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Dewan Pertimbangan MUI Din Syamsuddin berharap umat Islam mampu merayakan Idul Adha dengan penuh pemaknaan. Sehingga Idul Adha tak hanya sekedar ritual pemotongan dan penyaluran hewan kurban.

Ia menilai umat Islam di Indonesia perlu meningkatkan kualitas dalam beragama. Semakin tingginya kualitas beragama maka ia berharap ikatan antar umat Islam akan menguat.

"Marilah kita sambut, rayakan dan maknai sebagai momentum peningkatan kualitas kehidupan keagamaan kita yakni dengan melaksanakan ibadah kurban sebagai manifestasi dari kepedulian kita pada kaum dhuafa dan mengembangkan budaya berbagi," katanya kepada Republika.co.id, beberapa waktu lalu.

Selain itu, ia menyebut bahwa perayaan Idul Adha erat kaitannya dengan Nabi Ibrahim. Ia mengingatkan bahwa Ibrahim sebagai bapak Tauhid dalam Islam. Sehingga segala peran dan perilakunya wajib ditiru oleh Muslim.

"Tentu, sudah saatnya bagi kita untuk tingkatkan pemaknaan Idul Adha dengan merujuk pada kehidupan Ibrahim yang terkenal sebagai bapak tauhid," ujarnya.

Diketahui, kelebihan Ibrahim dalam Tauhid pun terbukti ketika pernah hendak dibakar Raja Namrud. Kala itu, api tak berhasil membakar tubuh Ibrahim. Sebab dengan ketauhidannya, Allah membuat api tersebut malah terasa dingin di tubuh Ibrahim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement