Ahad 11 Sep 2016 17:19 WIB

‎Perguruan Tinggi Islam Harus Bisa Jadi Laboratorium Kehidupan

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Ilham
Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dakhiri mengatakan, perguruan tinggi Islam harus dapat memposisikan dirinya sebagai laboratorium kehidupan. Pasalnya, kualitas manusia Indonesia yang diharapkan tidak terbatas pada kemampuan intelektualitasnya saja, tetapi juga peningkatan seluruh potensi kemanusiaan.

Menurut Hanif, PT Islam harus mencakup keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, kualitas mental, moral, akhlak, serta kejujuran sebagai perwujudan dari manusia Indonesia seutuhnya. Hanif mengakui untuk mewujudkan perguruan tinggi Islam sebagai laboratorium kehidupan bukan perkara mudah.

Selain memerlukan dukungan materil, juga harus ada kemauan untuk melakukan transformasi mencakup penyelarasan strategi, proses akademik, jejaring kelembagaan, kompetensi, komitmen terhadap mutu dan gaya kepemimpinan. "Proses belajar mengajar harus dirancang dan didesain sesuai dengan tuntutan kondisi riil sosial kemasyarakatan, tidak lagi bersifat text book, serta terbuka keleluasaan untuk melakukan eksplorasi," kata Hanif.

Perlu juga ada kegiatan berbagi pengalaman antara dosen dan mahasiswa, terbukanya ruang dalam beraktifitas pada berbagai kegiatan, forum-forum diskusi dan interaksi, kajian-kajian keislaman kontemporer ditumbuhsuburkan sehingga lingkungan perguruan tinggi terbangun nilai-nilai akademik yang universal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement