Ahad 28 Aug 2016 23:27 WIB

Muhammadiyah Soroti Sedikitnya Pengusaha Generasi Muda Islam

Ketua Koordinator Majelis Ekonomi PP Muhammadiyah Anwar Abbas mengatakan dari 10 orang terkaya di Indonesia, hanya satu yang beragama Islam.
Foto: pixabay
Ketua Koordinator Majelis Ekonomi PP Muhammadiyah Anwar Abbas mengatakan dari 10 orang terkaya di Indonesia, hanya satu yang beragama Islam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Forum Komunikasi Alumni (Fokal) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Armyn Gultom menyoroti sedikitnya generasi muda Islam yang menggeluti dunia usaha.

"Ada semacam kelupaan yang terjadi pada saat ini, yakni junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang bergerak di dunia usaha. Tapi yang terjadi saat ini, malah banyak generasi muda Islam yang memilih menjadi pekerja dibanding wirausaha," ujar Armyn di Jakarta, Ahad (28/8).

Dunia usaha, lanjut dia, seakan sepi dengan kehadiran generasi muda Islam. Padahal Nabi Muhammad yang menjadi teladan, mengajarkan untuk berwirausaha. "Sehngga gerakan ekonomi menjadi pilar ketiga dalam Muktamar Muhammadiyah beberapa waktu lalu," lanjut dia.

Sepinya generasi muda di dunia usaha, juga tak terlepas dari peran perguruan tinggi yang malah mencetak para pencari kerja.

Generasi muda Islam telah menguasai berbagai elemen elit di negeri ini, tapi hanya sedikit yang berada di dunia usaha.

"Kami akan terus mendorong agar semakin banyak generasi muda yang bergerak di sektor ekonomi dan intelektual dengan berbagai program kami. Tanggung jawab kebangsaan tidak hanya berada di pihak lain, tapi tanggung jawab bersama," katanya.

Ketua Koordinator Majelis Ekonomi PP Muhammadiyah Anwar Abbas mengatakan dari 10 orang terkaya di Indonesia, hanya satu yang beragama Islam. "Sementara dari 100 orang terkaya di negeri ini, hanya 22 orang yang beragama Islam. Padahal Indonesia, mayoritas penduduknya beragama Islam," kata Anwar.

Anwar menyatakan pengusaha sejatinya bisa dicetak, meskipun banyak yang mengatakan pengusaha itu turunan. "Saya termasuk yang percaya pengusaha tersebut bisa dicetak," ujar Anwar.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement