Rabu 24 Aug 2016 15:39 WIB

Teliti Sebelum Membeli Hewan Kurban

Rep: Yulianingsih/ Red: Teguh Firmansyah
Hewan kurban (ilustrasi).
Foto: Antara/M Luthfi Rahman
Hewan kurban (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pemkot Yogyakarta mengimbau masyarakat agar teliti dalam memilh hewan kurban. Pasalnya beberapa daerah di Jawa Tengah diindikasikan endemis penyakit antraks seperti Boyolali dan Sragen.

"Karenanya, masyarakat kita minta hati-hati. Lihat surat pemeriksaan dari mana hewan berasal," kata Kabid Pengawasan Mutu dan Kesehatan Hewan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Pertanian (Disperindagkoptan) Kota Yogyakarta, Endang Viniarti, Rabu (24/8).

Menurut Endang, selama ini setiap hewan yang dibawa ke Yogyakarta selalu disertai surat pemeriksaan dari daerah setempat. Namun menurutnya, sejak beberapa tahun terakhir, pengiriman hewan kurban ke Yogyakarta banyak dari dalam DI Yogyakarta  untuk sapi. Sementara untuk kambing berasal dari Magelang, Ambarawa, Wonosobo dana Temanggung serta Purworejo. "Meski begitu kita tetap waspada," katanya.

Hewan yang terjangkit antraks biasanya memiliki ciri tertentu yaitu tidak nafsu makan, demam tinggi dan mengeluarkan lendir kehiitaman dari lobang-lobang alaminyya. "Jika ditemui hewan dengan ciri seperti ini segera hubungi kami," katanya.

Baca juga, Di Depok Dijual Hewan Kurban Berasuransi.

Menjelang Idul Adha atau kurban, piihaknya juga akan menerjunkan petugas sejaka H-10 untuk melakukan pemeriksaan kesehatan hewan di beberapa tempat penjualan hewan. Pemeriksaan juga dilakukan di hewan kurban yang akan disembelih di masjid-masjid.

"Hewan yang sudah jelas sehat dana memenuhi syariat kurban kita akan beri label," katanya. Pihaknya menyiapkan 4.000 label hewan sehat dan syariat untuk ditempel di hewan yang siap kurban.

Menurut Endang, hewan kurban yang sehat tersebut memiliki ciri mata jernih, tidak ada leleran tidak normal  di hidung, mata, dan lubang alamiah lainnya, nafsu makan bagus,  bulunya mengkilat, berdiri tegak, dan jalan tidak pincang serta tidak cacat fisik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement