Ahad 03 Jul 2016 09:13 WIB

Beberapa Selebriti Jadi Relawan Bantu Petugas Zakat

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Esthi Maharani
Zakat
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Zakat

REPUBLIKA.CO.ID,‎ JAKARTA -- Ramadhan sebagai bulan suci menjadi momen masyarakat Muslim Indonesia berlomba-lomba berbuat kebaikan. Di momen Ramadhan ini pula syiar soal kewajiban zakat semakin digalakkan. Berbagai lembaga amil zakat gencar mensosialisasikan dan menyediakan layanan kemudahan berzakat bagi masyarakat.

Ternyata, syiar akan kewajiban zakat ini juga disadari oleh beberapa selebriti Tanah Air. Mereka bersama lembaga amil zakat Dompet Dhuafa mengajak publik untuk berzakat.

Alhamdulillah ajakan kebaikan berbagi terhadap sesama ini didukung oleh beberapa selebriti. Mereka bersedia untuk menjadi relawan membantu petugas zakat di konter-konter Dompet Dhuafa selama sehari,” ujar Presiden Direktur Dompet Dhuafa Filantropi Ahmad Juwaini baru-baru ini.

Para selebriti tersebut antara lain Ali Zaenal, Ali Mustafa, Olivia Zalianty, Nia Paramitha, Wahyu Soeparno Putro, Elma Teana, Andhara Early, Aquino Umar, dan Ippho Santosa. Mereka akan berperan sebagai petugas zakat di beberapa counter Dompet Dhuafa yang tersebar di berbagai mal, di antaranya Grand Indonesia, Plaza Senayan, Pacific Place, FX Senayan, Pejaten Village, dan lain sebagainya.

Selebriti tersebut akan didampingi oleh petugas zakat dari Dompet Dhuafa. Bagaimana mengajak publik yang sedang berada di mal tersebut berzakat. Kemudian mereka juga akan melayani masyarakat saat pembayaran zakat.

Ahmad berharap dengan turut terlibatnya teman-teman selebriti mengedukasi soal zakat, publik semakin sadar akan kewajiban berzakat. Sebab, dana zakat bila terkumpul secara optimal dapat turut mengentaskan kemiskinan. Dana zakat yang terhimpun lembaga zakat disalurkan secara profesional dan tepat sasaran kepada mustahik.

"Program yang digulirkan tidak sebatas pada karitas (konsumtif) semata, tetapi juga berbentuk pemberdayaan,” kata Ahmad.

Selain hadirnya 85 counter di beberpa mall di Jabodetabek, Dompet Dhuafa juga memaksimalkan kemudahan berzakat melalui kanal teknologi. Dompet Dhuafa menghadirkan kemudahan berzakat melalui kanal perbankan, QR Code, situs e-commerce, dan situs crowd funding. Dalam kanal perbankan, masyarakat bisa berdonasi ke Dompet Dhuafa melalui lewat ATM, Intenet Banking, Mobile Banking, SMS Banking, kartu kredit, Paypal, dan ipaymu.

Sementara dalam situs jual-beli digital, Dompet Dhuafa bekerjasama dengan beberapa situs. Untuk donasi via situs crowd funding, Dompet Dhuafa bersinergi dengan Kitabisa.com. “Dengan semua layanan tersebut semakin memudahkan orang berzakat. Berzakat kian semudah memberi like seperti di media sosial,” ujar Ahmad.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement