Senin 06 Jun 2016 14:34 WIB

Baznas Maksimalkan Layanan untuk Mustahik Selama Ramadhan

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Dwi Murdaningsih
 Karyawan Baznas melakukan aksi simpatik Kebangkitan Zakat di Bundaran Patung Kuda, Jakarta Pusat, Jumat (3/6).  (Republika/Yasin Habibi)
Foto: Republika/Yasin Habibi
Karyawan Baznas melakukan aksi simpatik Kebangkitan Zakat di Bundaran Patung Kuda, Jakarta Pusat, Jumat (3/6). (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama bulan Ramadhan 1437 H/ 2016, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) telah menyiapkan sejumlah program yang dirangkum dalam tema besar 'Kebangkitan Zakat'. Menurut Direktur Amil Zakat Nasional Baznas, Arifin Purwakananta, program ini fokus untuk memberikanan layanan yang maksimal bagi para musthik.

"Dari program-program yang akan dilakukan ini Baznas ingin menyampaikan bahwa zakat bisa menyelesaikan masalah kemiskinan. Kedua, baznas melayani orang berzakat sampai semudah-mudahnya. Sehingga nanti tidak ada lagi orang yang kesulitan berzakat," kata Arifin saat dihubungi Republika.co.id, Senin (6/6).

Selama Ramadhan, Arifin menjelaskan, Baznas akan membagikan Paket Ramadhan Bahagia yang berisikan sembako dan kebutuhan pokok bagi yang membutuhkan. Dalam penyalurannya, Baznas bekerjasama dengan layanan ojek online khusus di daerah yang didukung oleh aplikasi ojek online. Sementara, bagi kota yang tidak ada layanan ojek online akan diantarkan langsung oleh kendaraan pribadi Baznas.

Tujuan dari kerjasama ini tidak lain untuk memuliakan para mustahik agar tidak perlu mengantri mengambil bantuan paket Ramadhan Bahagia. Baznas juga mengajak masyarakat untuk berpartisipasi memberikan rekomendasi alamat mana saja yang terdapat orang miskin atau turut menyumbang untuk setiap paketnya seharga Rp 200 ribu.

"Baznas sudah siapkan 50 ribu paket yang akan disebarkan di 32 provinsi di Indonesia," kata Arifin.

Lalu, Baznas juga memiliki tim yang disebut dengan Pasukan Umar bin Khatab. Pasukan Umar bin Khatab ini bertugas membantu orang miskin secara langsung seperti memenuhi kebutuhan sehari-hari yang mendesak. Pasukan Umar bin Khatab akan berleliling ke pelosok Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) dengan menggunakan lima unit mobil.

Pasukan Umar bin Khatab ini diharapkan dapat membantu sekitar 700 keluarga miskin di wilayah Jabodetabek. Program Pasukan Umar bin Khatab ini terinspirasi pada Khalifah Umar yang datang sendiri ke warga miskin untuk memberikan bantuan.

Selama Ramadhan, Baznas juga membuat produk hidangan baik untuk sahur maupun berbuka puasa bagi para mustahik yang membutuhkan. Program yang disebut juga Hidangan Berkah Ramadhan ini berupa makanan siap saji dengan kemasan dan pelayanan pengiriman terbaik. Hidangan Berkah Ramadhan akan disalurkan ke puluham ribu warga di panti asuhan, lapas, dan rumah sakit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement