Rabu 11 May 2016 05:29 WIB

5 Kitab Medis Terbaik

Rep: c23/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Kitab Kuning
Foto:

Ilmuwan Muslim masa silam yang juga mewariskan buah pemikiran dalam bidang kesehatan adalah  Najib ad-Din Abu Hamid Muhammad bin Ali bin Umar Samarqandi. Ia adalah seorang dokter asal Persia pada abad ke-13.

Samarqandi dikenal sebagai penulis medis produktif dan memiliki banyak pemikiran tentang medis. Salah satu bukunya yang terkenal adalah The Book of Causes and Symptoms. Di dalam buku tersebut, ia memaparkan secara komprehensif perihal terapi dan patologi.

Karya lainnya yang juga cukup dikenal berjudul, The Book of Food and Drink for Healthy People. Di dalamnya, Samarqandi mendefinisikan tentang makanan bergizi. Menurutnya, makanan bergizi adalah adalah makanan yang mampu menggantikan yang hancur dari unsur-unsur pokok dari bagian tubuh. 

Karya-karya para ilmuwan Muslim tersebut secara tidak langsung telah menjadikan ilmu kedokteran sebagai salah satu cabang ilmu yang digali dan dipelajari secara terus-menerus hingga saat ini. Mereka adalah tokoh-tokoh yang memperkenalkan fondasi pertama pada bidang ini melalui buku dan kitab yang disusun secara komprehensif dan sistematis pada masanya masing-masing.

Karya mereka juga telah berkontribusi dalam perkembangan ilmu kimia, khususnya dalam hal pembuatan obat-obatan, termasuk seni meraciknya. Tak heran, umat Islam telah mendirikan toko-toko sejenis apotek dan sekolah farmasi pada abad pertengahan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement