Selasa 26 Apr 2016 08:51 WIB

ASPHURINDO: Penolakan Asosiasi tak Melihat Dari Sisi Hukum Positif Saja

KH Hafidz Taftazani
Foto: ROL/Agung Sasongko
KH Hafidz Taftazani

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum ASPHURINDO (Asosiasi Penyelenggara Haji Umrah Republik Indonesia dan Indbond), KH Hafidz Taftazani meluruskan sebuah pernyataan tentang penolakannya terhadap travel FT menjadi anggota asosiasi.

Penolakan ini, kata Hafidz, hendaknya tidak dilihat dari sisi hukum positif saja tetapi harus dilihat dari sisi syariat, yang salah satu syarat haji dan umrah adalah istita’ah.

“Istita’ah di sini dapat diartikan mempunyai biaya perjalanan yang mampu memberikan perlindungan, kenyamanan dan kemanan,” ungkap Hafidz kepada Republika.co.id di Jakarta, Selasa (26/4).

Hafidz mengungkapkan, dalam kesepakatan yang tak tertulis Kementerian Agama dan para Asosiasi haji umrah menolak harga paket umrah murah, yang dalam hal ini diimplementasikan tidak istita’ah.

“Para pimpinan asosiasi sudah menanyakan kepada travel yang bersangkutan tentang harga murah yang dijual, bagaimana breakdown atau hitung-hitungannya. Tetapi, mereka menolak memberikan jawaban. Hal inilah yang menjadi dasar penolakan,” kata Hafidz Taftazani yang juga Dirut Al Anshar Asbihu Tama Sejahtera menjelaskan.

Menurut Hafidz, harga umrah murah (tidak istita’ah) inilah yang membikin carut marut penyelenggaraan umrah. Beberapa penyelenggara banyak yang mengikuti cara-cara seperti ini yang sudah dikatagorikan money game atau gali lubang tutup lubang.

Tragisnya, sambung Hafidz, pada musim umrah ini calon jamaah umrah yang gagal  berangkat jumlahnya lebih dari 12 ribu orang. “Itu yang diketahui, yang tidak diketahui pasti jumlahnya lebih banyak lagi,” terang Hafidz.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement