Kamis 07 Apr 2016 12:59 WIB

Siswa SD Juara Diajak Lawan Diabetes Sejak Dini

Siswa SD Juara binaan Rumah Zakat ikut memperingati hari kesehatan dunia.
Foto: RZ
Siswa SD Juara binaan Rumah Zakat ikut memperingati hari kesehatan dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Siswa SD Juara Pekanbaru binaan Rumah Zakat (RZ) memperingati Hari Kesehatan Dunia, Kamis (7/4). Anak-anak mengikuti lomba membuat poster PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), senam sehat, dan penyuluhan kesehatan.

Acara ini merupakan hasil kerja sama antara Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) SD Juara Pekanbaru dengan Klinik Prtama RBG (Rumah Bersalin Gratis) RZ Pekanbaru. “Melalui peringatan ini, kami ingin mengajak para siswa untuk lebih peduli akan kesehatan. Kegiatan ini juga menjadi sebuah kampanye agar sadar kesehatan sejak dini,” ujar Kurota Ayun, dokter Klinik Pratama RBG RZ Pekanbaru.

Kegiatan penyuluhan kesehatan bertema “Melawan Diabetes” disampaikan oleh Kurota Ayun. Menurutnya diabetes adalah penyakit tidak menular yang disebabkan oleh perilaku hidup yang tidak sehat sehingga meningkatnya kadar gula darah di dalam tubuh.

“Harapannya, setelah penjelasan mengenai materi ini, para siswa SD Juara Pekanbaru dapat mengubah perilaku hidup yang tidak sehat seperti kurangnya aktivitas fisik, pola makan yang tidak teratur, serta konsumsi makanan yang tidak sehat,” ujar dia.

Kegiatan dilanjutkan dengan penampilan dari Duta UKS SD Juara Pekanbaru, yakni Zhahara kelas I dan Shofiyyah dari kelas IV yang menjelaskan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS). Mereka menjelaskan 7 langkah cuci tangan yang efektif, baik dan benar kepada siswa SD juara Pekanbaru.

"Pengenalan PHBS sejak dini merupakan upaya terbaik guna melahirkan generasi mendatang yang sehat dan tangguh. Alhamdulillah hari kesehatan dunia ini diisi dengan berbagai kegiatan yang menarik dan menantang. Kesehatan tubuh dan pikiran adalah karunia dari Allah, maka kita harus menjaga dan memeliharanya,” kata Suriksodi Saputro, Kepala SD Juara Pekanbaru

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement