Ahad 27 Mar 2016 09:13 WIB

Alam Rusak Karena Manusia

Rep: c39/ Red: Agung Sasongko
Ustaz Erick Yusuf
Foto: Republika/Amin Madani
Ustaz Erick Yusuf

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ustaz Erick Yusuf, bahwa kalimat rahmat lil alamain  dalam Alquran berarti mencakup secara keseluruhan. Ustadz Erick menjelaskan Alquran bukan diperuntukkan untuk manusia saja tapi juga untuk untuk alam dan isinya.

Menurut dia, manusia, alam, tumbuhan, dan hewan, semuanya itu bagaikan suatu harmonisasi, yang saling melengkapi. Apalagi, kata dia, tidak ada yang Allah ciptakan di dunia dengan sia-sia. Jadi kalau kita merenungkan alam ini, kita akan melihat seluruh ciptaan Allah yang saling berkaitan.

"Itu hakikat hubungan manusia dengan alam. Dan kalau manusia ingin mendapatkan pahala, berkah dan  ingin berkah ladang amal, maka harus berhubungan baik dengan alam, bukan hanya dengan manusia," jelas dia.

Menurut dia, apapun yang datang dari Allah adalah pasti yang baik-baik. Jangan sampai berfikir bahwa banjir, dan hujan Itu Allah yang datangkan tersebut untuk membuat kita sengsara, tapi karena alam tersebut telah dirusak oleh tangan manusia sendiri atas izin Allah.

"Jadi intinya adalah, secara penafsiran, tidak ada sesuatu yang buruk yang dilakukan atau buat oleh Allah untuk makhluknya, tapi sesuatu yang buruk itu karena perbuatan kita sendiri," ucap dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement