Kamis 24 Mar 2016 08:46 WIB

Kota Lubuklinggau Tuan Rumah MTQ Provinsi Sumsel 2016

Rep: Maspril Aries/ Red: Damanhuri Zuhri
Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ)
Foto: Republika/Amin Madani
Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ)

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Kota Lubuklinggau bersiap menjadi tuan rumah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXVII tingkat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Menghadapi MTQ yang dijadwakan berlangsung 20–27 Mei 2016, Pemerintah Provinsi Sumsel dan Pemerintah Kota Lubuklinggau kini tengah mempersiapkan MTQ yang akan diikuti peserta dari 17 kabupaten dan kota yang ada di daerah ini.

Dengan dipimpin Asisten bidang Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Sumsel Ahmad Najib, Rabu (23/3) berlangsung rapat koordinasi bersama seluruh perwakilan pemerintah kabupaten dan kota untuk memantapkan persiapan pelaksanaan MTQ XXVII.

“MTQ XXVII Provinsi Sumatera Selatan akan berlangsung 20-27 Mei 2016. Kegiatan MTQ dipusatkan di Masjid Agung As-Salam Kota Lubuklinggau.

Selama kepemimpinan Walikota Lubuklinggau SN Prana Putra Sohe, sangat banyak pembangunan di daerah ini, juga menggelar berbagai event seperti olahraga yang berdampak pada peningkatan ekonomi,” kata Ahmad Najib.

Menurut Najib, Kota Lubuklinggau sangat tepat mengambil kesempatan sebagai tuan rumah MTQ ini. “Kita harapkan selain sukses pelaksanaan juga sukses prestasi,” pesannya.

Mengingat waktu pelaksanaan tinggal dua bulan lagi, Asisten Sekeratris Daerah Pemprov Sumsel mengharapkan Pemerintah Kota Lubuklinggau dapat benar-benar mematangkan segala persiapan dan terus melaporkan sudah persiapan yang dilakukan.

“Kita harapkan MTQ di Lubuklinggau ini dapat lebih baik dari MTQ yang sebelumnya pernah dilaksanakan,” kata Ahmad Najib penuh harap.

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Lubuklinggau Parigan Syahrin menjelaskan, persiapan MTQ sudah lama disiapkan sejak 2014 dan Pemerintah KotaLubuklinggau telah melakukan pembenahan berbagai sarana lomba, yakni masjid sebagai penunjang.

“Hampir 200 masjid di Lubuklinggau sidap mendukung pelaksanaan MTQ dan sudah melakukan perbaikan. Pemerintah kota memberikan bantuan untuk masjid,” ujarnya.

Sekda Parigan Syahrin menjelaskan, persiapan sudah cukup matang. “Sekarang tengah dilakukan pemilihan tema dan logo yang akan digunakan, karena masih mengharapkan adanya arahan dari pemerintah provinsi.”

Pada MTQ XXVII Provinsi Sumatera Selatan akan memperlombakan cabang tilawah, tafsir Quran, kaligrafi dan cabang lainnya yang akan berlangsung di beberapa masjid di Lubuklinggau.

“Sebagai tuan rumah Pemerintah Kota Lubuklinggau berkomitmen mengutamakan kejujuran sehingga MTQ ini dapat menghasilkan benar-benar kafilah yang berprestasi,” ujar Parigan Syahrin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement