Rabu 16 Mar 2016 07:04 WIB

Tiga Makna Jihad

Kaus anak ibu asal Prancis yang bertuliskan 'Jihad'.
Foto:

Perlu digarisbawahi, kata-kata jihad dalam Alquran kebanyakan mengandung pengertian umum. Ini menandakan pengertiannya tidak hanya sebatas pada pertempuran maupun ekspedisi militer, namun mencakup segala bentuk usaha dalam rangka syiar Islam serta amar ma'ruf nahi munkar.

Maka dari itu, berdasarkan ayat-ayat Alquran maka dapat disimpulkan tujuan jihad adalah bagi terlaksananya syariat Islam dan terciptanya suasana damai tentram. Tanpa motivasi jihad seperti itu, Islam tidak membenarkan pemeluknya untuk menyerang musuh-musuhnya.

Firman Allah SWT dalam surah an-Nisa ayat 90 :"Kecuali orang-orang yang meminta perlindungan kepada sesuatu kaum yang antara kamu itu telah ada perjanjian (damai) atau orang-orang yang datang kepada kamu sedang hati mereka merasa keberatan untuk memerangi kamu dan memerangi kaumnya.."

Bila melihat dari pelaksanaannya, menurut Ibn Qayyim, jihad terdiri dari tiga bentuk, antara lain jihad mutlaq, jihad hujjah dan jihad 'amm. Jihad mutlaq adalah bertempur melawan musuh di medan tempur, meski ada persyaratannya, seperti perang itu harus bersifat defensif, menciptakan perdamian maupun mewujudkan keadilan.

Jihad hujjah merupakan jihad yang dilakukan dalam berhadapan dengan pemeluk agama lain dengan mengemukakan argumentasi kuat. Adapun jihad 'amm adalah jihad yang mencakup segala segi kehidupan, yang bersifat moral atau material, terhadap diri sendiri maupun masyarakat. Jihad ini bersifat kesinambungan dan bisa dilakukan terhadap musuh yang nyata.

 

 

sumber : Pusat Data Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement