Kamis 10 Mar 2016 20:40 WIB

Tipu Daya Setan dan Kebun Kurma yang Terbakar

Agama Kuil Setan (ilustrasi)
Foto: thesatanictemple.com
Agama Kuil Setan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Setan senantiasa mendekam dalam hati manusia, Bila mengingat Allah, ia akan hengkang. Bila lalai, setan akan makin memperdaya. (HR Bukhari).

''Apakah ada salah seorang di antaramu yang ingin memiliki kebun kurma dan anggur yang mengalir di bawahnya sungai-sungai? Ia memiliki segala macam buah-buahan dalam kebun itu, kemudian datanglah masa tua pada orang itu sedang ia memiliki keturunan yang masih kecil-kecil. Maka kebun itu ditiup angin keras yang mengandung api, lalu terbakarlah. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada kamu supaya kamu memikirkannya.'' (QS Al-Baqarah [2]: 266).

Berkaitan dengan ayat di atas, Imam Bukhari meriwayatkan bahwa Umar bin Khattab pernah bertanya kepada para sahabat, "Menurut kalian, berkenaan dengan siapakah ayat 'apakah salah seorang di antara kamu ingin memiliki sebuah kebun kurma dan anggur' ini diturunkan? Mereka menjawab, "Wallaahu a'lam." Umar menanggapi dengan suara keras, "Jawablah 'tahu!' atau 'tidak tahu!'.''

Ibnu Abbas berkata, "Sebagian ayat itu menyangkut diriku, wahai Amirul Mukminin". "Wahai anak saudaraku, katakanlah dan janganlah kamu meremehkan dirimu sendiri," timpal Umar.

 

Ia menjawab, "Aku akan mengilustrasikannya dengan sebuah amal". Umar bertanya, "Dengan amal apa?" Ibnu Abbas menjawab lagi, "Seperti orang kaya yang karena taat kepada Allah, kemudian setan mendatanginya, lalu orang itu melakukan banyak kemaksiatan sehingga semua amalnya terhapus."

sumber : Pusat Data Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement