Rabu 02 Mar 2016 21:33 WIB

Kualitas Pendidikan Islam Kalbar Diperkuat

Lukman Hakim Saifuddin
Foto: ROL/Fian Firatmaja
Lukman Hakim Saifuddin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meresmikan tiga gedung baru di Instutut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak dalam kunjungan kerjanya di Kalbar. Adapun tiga gedung baru yang diresmikan tersebut antara lain gedung kuliah baru, gedung qira'ah dan ibadah, gedung parkir roda dua dan futsal yang berada dalam lokasi utama kampus tersebut.

"Dengan adanya gedung baru yang ada di IAIN ini diharapkan bisa meningkatkan semangat seluruh civitas akademika yang ada di sini. Saya juga memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah membantu proses pembangunan gedung IAIN ini, terutama kepada Pemprov Kalbar yang juga ikut membantu mengalokasikan dananya untuk kampus ini," kata Lukman di Pontianak, Rabu Malam.

Dia juga berharap agar keberadaan IAIN Pontianak bisa terus memberikan manfaat besar bagi kemajuan masyarakat Kalimantan Barat. "Saya juga berharap agar rektor, pembantu rektor, seluruh dosen, staf serta mahasiswa yang ada di IAIN ini bisa terus bekerja keras meningkatkan kualitas pendidikan di kampus agar ke depan IAIN Pontianak bisa menjadi Universitas Islam Pontianak," katanya,

Dia sendiri akan terus berupaya untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan agama yang ada di seluruh Indonesia termasuk di Kalbar, agar kualitas pendidikan keagamaan dan kehidupan beragama di negara ini bisa semakin baik.

Ditempat yang sama, Rektor IAIN Pontianak Hamka Siregar mengatakan pembangunan gedung baru tersebut bisa dilaksanakan dengan bantuan dari pemerintah pusat dan bantuan dari berbagai pihak lainnya dan dilakukan secara bertahap selama tiga tahun.

"Tahun depan, mudah-mudahan gedung kuliah baru juga bisa selesai dan dapat digunakan," tuturnya.

Dijelaskan Hamka, sejak perubahan status STAIN Pontianak menjadi IAIN Pontianak, harapan masyarakat Kalbar terhadap kampus itu semakin meningkat. Pada dua tahun terakhir, antusias masyarakat Kalbar untuk menimba ilmu di kampus itu meningkat hingga tiga kali lipat.

"Terkait hal itu, kita terus berupaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan dengan keberadaan gedung-gedung baru ini diharapkan bisa memenuhi hal itu," katanya.

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Barat Cornelis mengharapkan dengan semakin banyaknya fasilitas yang ada di IAIN Pontianak bisa memberikan kontribusi besar dalam peningkatan kualitas pendidikan di kampus itu. "Kami dari Pemprov Kalbar tentu akan mendukung penuh rencana pembangunan gedung yang ada di IAIN dan kampus-kampus lainnya yang ada di Kalbar demi mencerdaskan generasi penerus kita," kata Cornelis.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement