Selasa 09 Feb 2016 07:36 WIB

Pelajaran dari Pemusnahan Masjid Dhirar

sesungguhnya masjid itu untuk peningkatan takwa kepada Allah SWT  (ilustrasi)
sesungguhnya masjid itu untuk peningkatan takwa kepada Allah SWT (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pakar tafsir Prof Dr HM Quraish Shihab dalam bukunya, Membaca Sirah Nabi Muhammad SAW dalam Sorotan Quran dan Hadits Shahih, mengungkapkan, pelajaran yang bisa dipetik dari kasus pemusnahan Masjid Dhirar adalah tentang fungsi masjid.

Quraish menyebutkan, fungsi masjid didirikan adalah untuk meningkatkan keimanan kepada Allah SWT, mengukuhkan persatuan dan kesatuan, serta mendukung suksesnya pejuang-pejuang kebenaran. (Baca juga: Ini Alasan Rasulullah SAW Musnahkan Masjid Dhirar).

Direktur Pusat Studi Alquran (PSQ) ini juga mengingatkan, harus disadari oleh seluruh umat Muslim, setan dan pengikut-pengikutnya bisa jadi mengambil bentuk-bentuk aktivitas yang terlihat baik, tetapi yang demikian adalah jebakan.

Karena itu, Quraish Shihab mengingatkan, seseorang hendaknya tidak terpengaruh oleh bentuk yang indah sebelum menyadari keterpenuhan substansi kebaikan yang dikandungnya.

''Tidaklah wajar shalat pada bangunan, walaupun mengambil bentuk dan nama masjid, apabila fungsinya bertentangan dengan nilai-nilai agama, walaupun tentunya tidak harus dihancurkan,'' ujarnya menjelaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement